Agar Tomat Bisa Tahan Lama, Berikut Ini Tips Memilih dan Menyimpannya yang Benar

Tomat tentunya termasuk dalam kategori sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, sayur dengan warna merah mencolok ini kerap kali dijadikan sebagai bahan tambah dalam sebuah masakan, mulai diantaranya untuk membuat sambal ataupun juga untuk tumisan guna memperkuat cita rasanya. Di balik rasanya yang nikmat, sebenarnya tomat ini sendiri juga mengandung segudang manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Tak heran jika seandainya banyak orang yang menggemarinya.

Kandungan Gizi dalam Tomat

Mengonsumsi tomat memberikan banyak manfaat, sebenarnya tak terlepas dari kandungan gizi yang ada didalamnya, berikut ini yang wajib diketahui, yaitu:

  1. Air.
  2. Protein.
  3. Karbohidrat.
  4. Serat.
  5. Kalsium.
  6. Fosfor.
  7. Zat besi.
  8. Natrium.
  9. Kalium.
  10. Tembaga.
  11. Seng.
  12. Bate karoten.
  13. Vitamin C.
  14. Vitamin B1.
  15. Vitamin B2.
  16. Niasin.

Tips Memilih Tomat yang Bagus

Dalam membeli sayuran yang satu ini hendaknya Anda juga tidak sembarangan, karena belum tentu semuanya memiliki kualitas yang bagus. Berikut ini diantaranya tips dalam memilih tomat yang kualitasnya bagus, yaitu:

  1. Hendaknya belilah tomat yang belum begitu merah, karena jika belum terlalu matang nantinya akan tahan lebih lama ketika disimpan, berbeda dengan yang sudah matang bahkan kematangan.
  2. Pilihlah tomat yang besar dan bentuknya sesuai. Hal ini digunakan untuk memastikan bahwa tomat tersebut memiliki kandungan air yang banyak, tomat dengan kandungan air yang banyak lebih enak untuk diolah.
  3. Usahakan memilih tomat yang permukaannya halus, tidak berlekuk maupun cacat, karena tandanya ia sudah rusak.
  4. Coba tekan tomat tersebut, tomat yang baik memiliki daging yang masih padat atau belum lembek.

Cara Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama

Ketahui juga bagaimana cara penyimpanan sayur yang satu ini sehingga nantinya bisa tahan lebih lama, yaitu:

  1. Sebaiknya jangan terlalu lama menyimpan tomat di dalam kulkas, meskipun membuatnya tampak segar, sebenarnya hal ini hanya akan mengurangi kandungan air yang ada dalam tomat tersebut.
  2. Paling baik adalah menyimpan tomat pada temperatur udara yaitu antara 12 hingga 21 derajat Celcius. Paling bagus sebenarnya adalah dengan menyimpan tomat pada suhu ruangan, karena akan membuatnya lebih tahan lama.
  3. Untuk produk tomat kalengan umumnya dapat disimpan lebih lama yaitu hingga jangka waktu 6 bulan.
  4. Jangan menyimpannya dengan dicampur bahan makanan lain, karena kandungan gas dalam bahan makanan lain justru akan mempercepat proses pematangan tomat bahkan juga membuatnya jadi mudah busuk.
  5. Jangan buang bagian tangkainya, jika tomat masih bertangkai maka alangkah baiknya untuk tetap membiarkan tangkai tersebut, jangan dibuang, karena ketika dibuat justru terdapat lubang yang bisa membuat tomat mudah busuk.
  6. Simpanlah dengan posisi steam side down, ini adalah posisi menyimpan dengan bagian pangkal tangkai di bawah.

Di zaman sekarang ini belanja berbagai macam kebutuhan bisa lebih mudah secara online tanpa harus kemana-mana, termasuk untuk kebutuhan dapur nyatanya juga bisa Anda dapatkan secara online, yaitu lewat aplikasi TaniHub. Dengan berbelanja disini tak perlu khawatir nantinya barang akan busuk atau rusak diperjalanan, meskipun bahan makanan, karena mereka memiliki sistem pengiriman yang super cepat. Barang yang dikirim semuanya juga dalam kondisi yang masih fresh langsung dari para petani yang baru panen, sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Close