Setiap perusahaan tentunya harus melakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk maupun jasa kepada calon pelanggan. Tanpa adanya promosi maka produk akan sulit dikenal banyak orang sehingga bisa berdampak tidak adanya penjualan sehingga perusahaan mengalami kerugian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai pilihan promosi yang bisa menguntungkan perusahaan. Salah satu bentuk promosi yang patut dipertimbangkan adalah pembuatan merchandise perusahaan yang bisa dijadikan sebagai branding sehingga pelanggan akan selalu mengingat brand Anda. Berikut ini alasan mengapa memilih merchandise untuk aktivitas branding merupakan pilihan yang tepat bagi perusahaan Anda:
– Terbukti ampuh untuk memperkenalkan produk yang sifatnya jangka panjang
– Sebagai wujud apresiasi atau penghargaan untuk pelanggan loyal
– Menghadirkan daya tarik agar pelanggan membeli produk atau jasa kembali
– Sebagai nilai tambah untuk produk yang ditawarkan
– Menjadi pembeda dibanding produk lain dari kompetitor.
Jadi wajar jika sekarang banyak perusahaan yang memanfaatkan merchandise untuk mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan yang baru karena dengan adanya alasan-alasan di atas. Agar promosi dengan merchandise ini bisa efektif dan tepat sasaran, ini dia tips memilih merchandise perusahaan agar brand mudah diingat oleh pelanggan.
- Digunakan Terus-menerus
Tujuan utama dari penggunaan merchandise bukan hanya untuk meningkatkan brand awareness produk saja tetapi bisa berdampak lebih luas yaitu brand akan selalu diingat. Makanya pilih produk yang bisa digunakan terus-menerus sehingga pelanggan akan selalu ingat brand. Beberapa produk merchandise yang dapat digunakan terus-menerus seperti tote bag untuk membawa barang hingga gelas untuk minum.
- Menyesuaikan Target Pelanggan
Setiap produk atau jasa tentunya memiliki target pelanggan yang berbeda-beda. Agar produk bisa laku maka kegiatan promosi harus bisa menyesuaikan dengan target pelanggan. Maka itu pastikan merchandise yang dipilih sudah cocok dan bisa memberikan manfaat untuk pelanggan. Contohnya jika memang target pelanggannya adalah mahasiswa maka bisa memilih merchandise seperti tote bag, tas laptop, atau buku catatan.
- Sesuaikan Dengan Budget
Pembelian merchandise harus bisa menyesuaikan budget yang dimiliki perusahaan. Hal ini tentunya menuntut perusahaan untuk bisa mengalokasikan budget untuk beli merchandise secara efektif. Pembelian merchandise dikatakan efektif jika bisa tersampaikan kepada target pelanggan yang tepat. Pastikan juga pembelian produk merchandise tidak melebihi budget tersedia karena bisa membuat perusahaan jadi merugi.
- Pesan Produk Berkualitas
Tips selanjutnya adalah memastikan bahwa merchandise yang dipesan harus berkualitas. Salah satu situs yang menyediakan beragam merchandise baik untuk pembelian individu maupun perusahaan adalah Liberty Society. Ada banyak produk yang tersedia di Liberty Society mulai dari pakaian hingga aksesoris. Untuk pakaian, perusahaan bisa memilih kaos, polo shirt, hoodie, dan juga jaket. Sedangkan untuk aksesoris ada banyak pilihan seperti tas kantor, pouch, tote bag, tumbler, dan yang lainnya. Bagi yang penasaran dengan semua produk di Liberty Society tentu bisa langsung kunjungi situsnya sekarang.