Close

Tiga Cara Ampuh Membangun Budaya Kerja yang Baik

Budaya kerja adalah salah satu elemen penting yang ada di perusahaan. Budaya kerja bisa dipahami sebagai nilai yang dianut atau cara karyawan melakukan pekerjaannya sehari-hari di perusahaan. Lantas, mengapa budaya kerja bisa menjadi sebuah elemen yang penting?

Mengapa Budaya Kerja itu Penting?

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan yang didambakan itu sendiri tidak mungkin sama untuk tiap-tiap perusahaan. Beberapa perusahaan memaknai bahwa kesuksesan dikatakan tercapai saat mutu produk telah sesuai bahkan lebih dari keinginan dan kebutuhan pelanggan. Perusahaan lainnya memaknai kesuksesan adalah saat capaian keuntungan terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk beberapa perusahaan, kesuksesan dikatakan tercapai saat karyawan selalu dalam keadaan sehat fisik dan mental.

Dalam mencapai kesuksesan yang sesuai dengan definisi masing-masing perusahaan, ada hal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin, jika ingin mencapai kesuksesan, harus memiliki strategi yang jitu. Sayangnya, strategi hanya akan sekadar menjadi strategi jika tidak diimplementasikan dalam kehidupan kerja sehari-hari. Nah, oleh karena itulah sebuah budaya kerja menjadi elemen penting dalam mencapai kesuksesan.

Peranan Budaya Kerja

Seperti telah dikatakan sebelumnya, sebuah kesuksesan dapat dicapai saat pemimpin perusahaan memiliki strategi yang dijalankan dalam suatu budaya kerja. Budaya kerja sendiri merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan bersama-sama dan saling berkesinambungan di antara elemen-elemen yang ada di perusahaan, contohnya karyawan.

Setiap karyawan memiliki kontribusi dalam membangun budaya kerja. Karyawan yang merasa puas dengan budaya kerja di perusahaannya tentu akan mudah memberikan performa yang maksimal bagi perusahaan. Jika karyawan bisa memberikan performa maksimal, tentu strategi yang telah dirancang oleh pemimpin persahaan bisa berjalan lancar. Namun sebaliknya, jika budaya kerja tidak baik bahkan toxic, strategi yang telah dibuat oleh pemimpin perusahaan akan hancur begitu saja. Ini berarti, kesuksesan pun akan gagal dicapai.

Bagaimana Menciptakan Budaya Kerja yang Baik?

Mungkin kita pernah mendengar bahwa fasilitas kantor yang memadai akan membuat karyawan merasa senang sehingga bisa memberi performa terbaik. Padahal kenyataannya, ada faktor lain yang sangat mempengaruhi, yaitu budaya kerja. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara menciptakan budaya kerja yang baik.

1. Ciptakan Budaya Kerja yang Sesuai dengan Value Perusahaan

Sebelum membangun sebuah budaya kerja yang baik, pemimpin dan karyawan perusahaan harus lebih dulu mengetahui value dari perusahaannya. Bagi seorang pemimpin, setelah mengetahui value apa yang dimiliki perusahaan, maka mereka perlu merefleksikan value tersebut di dalam dirinya sebagai teladan. Setelah itu, apresiasilah karyawan yang juga dapat merefleksikan value perusahaan dengan baik.

2. Kepercayaan dan Transparansi

Untuk membangun budaya kerja yang baik, seorang pemimpin harus mampu mendapatkan kepercayaan dari karyawan. Hal ini dapat dibina dengan membangun komunikasi yang baik antara pemimpin dan karyawan.

Selain itu, transparansi dalam memberi feedback atas performa karyawan juga merupakan hal penting. Karyawan harus tahu bagaimana perannya dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Namun, pastikan feedback ini disampaikan dengan cara yang dapat diterima oleh karyawan.

3. Selalu Memperhatikan Work-Life Balance

Seperti halnya manusia biasa, seorang karyawan pasti memiliki titik jenuh dan titik stres dalam kehidupan bekerjanya. Oleh karena itu, tingkat kebahagiaan karyawan juga merupakan hal yang wajib diperhatikan. Selain memberi izin untuk liburan, perusahaan juga bisa memperhatikan work-life balance karyawan dengan memberinya fasilitas kesehatan yang mumpuni. Dengan terwujudnya work-life balance, maka karyawan akan merasa lebih bahagia sehingga menciptakan budaya kerja yang baik.

Demikian tadi adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membangun budaya kerja yang baik. Sebuah perusahaan dengan budaya kerja yang baik tentu saja ingin untuk terus bisa merekrut karyawan-karyawan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas terbaik, maka sebuah perusahaan hendaknya memasang lowongan kerja di platform job portal yang terpercaya seperti KitaLulus. Dengan demikian, proses rekrutmen akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain karena terpercaya, memasang lowongan kerja di KitaLulus juga gratis. Jadi, yuk pasang sekarang!