Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

Mengetahui ciri ciri kucing hamil setelah kawin, tentu sangat wajib bagi para pecinta kucing. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah kucing berhasil kawin, bagaimana cara merawat kucing yang hamil, dan cara menanganinya pada saat si kucing melahirkan nanti, serta persiapan untuk perawatan bayi meong tersebut. Oleh karena itu, mari kita simak apa saja ciri cirinya secara lengkap dan jelas.

Jangan Sampai Salah Perawatan, Pahami Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

1. Perutnya Membesar

Sama seperti manusia, kucing yang sedang hamil memiliki ciri fisik, yaitu perutnya membesar. Namun, ciri fisik tersebut akan terlihat pada saat usia kehamilan mulai memasuki minggu ke kelima.

Pada saat minggu kelima tersebut, perut kucing akan terus membesar hingga tiba waktu baginya untuk melahirkan. Sementara itu, untuk mengetahui apakah binatang populer tersebut memang positif hamil atau tidak, diperlukan waktu sekitar 3 minggu setelah dikawinkan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit perut

2. Nafsu Makan Meningkat

Ciri ciri kucing hamil setelah kawin yang selanjutnya adalah perubahan pada perilakunya. Yaitu nafsu makannya menjadi meningkat. Karena saat kucing hamil, ia membutuhkan protein dan energi yang lebih daripada biasanya. Banyaknya energi yang dibutuhkan tersebutlah yang membuat si ibu kucing nafsu makannya meningkat.

3. Muntah-Muntah

Jangan sampai salah ya, karena terkadang kucing yang muntah-muntah juga merupakan tanda bahwa ia tengah sakit. Bedanya, jika kucing muntah karena hamil maka ia akan muntah sesekali saja dalam jangka waktu yang cenderung lama.

Meskipun pada ciri sebelumnya menyebutkan bahwa nafsu makan kucing meningkat akan tetapi, pada masa awal-awal kehamilannya binatang mamalia ini justru nafsu makannya berkurang karena mual morning sickness atau mual-mual di pagi hari.

Artikel terkait: ciri ciri kucing albino

4. Lebih Banyak Tidur

Kemudian ciri ciri kucing hamil setelah kawin adalah banyak tidur, pasif, dan bermalas-malasan. Jadi jangan khawatir apabila kucing betina lebih sering tidur. Karena kemungkinan Ia tengah hamil.

5. Bulunya Rontok

Ciri ciri selanjutnya yakni banyak bulunya yang rontok dan tampak sedikit menipis. Rontoknya bulu kucing yang sedang hamil tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon kulit yang menyebabkan produksi minyak di lapisan kulitnya menjadi terpengaruh. Kerontokan ini biasanya berlangsung sekitar seminggu sampai dua minggu.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing American Shorthair

6. Lebih Manja dan Lembut

Jika kamu amati kucing yang sedang hamil, prilakunya akan berubah menjadi lebih manja dan lembut. Hal tersebut dapat kamu ketahui saat Si lucu ini menghampirimu dan minta dielus-elus serta ia akan terus mengikutimu.

7. Perubahan Pada Warna Puting

Selanjutnya puting si kucing warnanya berubah menjadi lebih merah muda, terutama pada bagian perut yang terlihat membesar. Ciri ciri tersebut harus kamu pahami dan perhatikan dengan baik. Hal tersebut akan muncul pada saat usia kehamilan mulai memasuki hari ke-15 atau hari ke-18 kehamilan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Janin Kucing Mati di Dalam Kandungan

8. Berhentinya Siklus Birahi

Jika birahi binatang mamalia ini tiba-tiba berhenti ataupun menunjukkan bahwa dia sudah tidak birahi maka, kemungkinan dia sedang hamil.

9. Berpindah-pindah Tempat

Seringkali kita jumpai kucing sedang berpindah-pindah tempat meskipun sudah kita siapkan tempat khusus untuknya. Akan tetapi Binatang menggemaskan ini malah menolak dan mencari tempat lain. Hal ini bisa jadi si kucing sedang hamil dan mencari tempat yang lebih aman dan nyaman.

Nah itulah ciri ciri kucing hamil setelah kawin yang harus kamu ketahui terutama untuk kamu si pecinta kucing. Dengan pengetahuan ini semoga kamu bisa memberikan perawatan yang baik dan tepat kepada kucing yang sedang hamil.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu