Close

Ciri Ciri Kucing Albino

Seringkali orang-orang salah menilai jika kucing putih ialah kucing Albino. Padahal kucing putih bukanlah kucing albino. Kucing Albino ialah kucing yang tidak mempunyai pigmentasi. Hal ini juga terjadi pada beberapa manusia dan anjing. Kucing Albino dapat diartikan pula kucing yang berada pada kondisi albinisme. Untuk membedakan maka artikel ini membahas ciri ciri kucing Albino.

Simak Berikut Ini Ciri Ciri Kucing Albino

1. Mata

Kucing albino memiliki perbedaan dengan kucing putih. Perbedaan ini dapat dilihat dari ciri ciri kucing Albino pada matanya. Mata pada kucing Albino memiliki keunikan tersendiri. Kucing Albino mempunyai suatu kelainan genetik. Kelainan genetik inilah yang membuat matanya memiliki warna pucat.

Warna pucat pada matanya terlihat seperti warna merah muda atau biru muda. Warna mata tersebut merupakan sebab dari kurangnya kadar melanin pada mata kucing Albino. Kedua warna itu bukanlah masuk dalam warna sebenarnya. Hal ini disebabkan hasil pemantulan kembali akan kelebihan cahaya di pembuluh darah matanya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing American Shorthair

Untuk yang tidak mengerti apa itu melanin? Melanin ialah pigmen utama yang mempunyai fungsi dalam menentukan warna mata, kulit dan bulu pada kucing tersebut. Jadi, cara terbaik dalam mengetahui bahwa kucing Albino ialah melihat warna pada bola matanya. Jika kucing tersebut memiliki warna mata merah muda atau merah dapat dikatakan Albino.

2. Kulit

Ciri ciri kucing Albino pada kulitnya juga berbeda dengan kucing lainnya. Pada kucing Albino tidak mempunyai pigmen di kulitnya. Dengan tidak adanya pigmen pada kulitnya maka timbulah warna transparan. Warna transparan tersebut akan terlihat cenderung putih pada bulu kucing Albino.

Artikel terkait: Ciri Ciri Janin Kucing Mati di Dalam

Pigmen yang umumnya bertugas sebagai pemberi warna ini tidak bekerja pada jenis kucing Albino. Itulah yang menjadi penyebab kucing Albino mempunyai bulu polos dan tidak adanya corak atau motif yang dimiliki. Selain tidak mempunyai corak atau motif, ada hal lain yang timbul dari tidak adanya pigmen di tubuh kucing Albino.

Efek lainnya ialah hidung dan telinga pada kucing Albino memiliki warna merah muda yang terlihat pucat. Sama dengan yang terjadi pada matanya yang memiliki warna unik. Hal ini juga terjadi pada hidung dan telinga bagian dalam yang memiliki warna pucat karena sebab pantulan cahaya mengenai pembuluh darahnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Jenis Mix Dome

3. Pola tingkah

Ciri ciri kucing Albino dapat dilihat dari pola tingkahnya yang cenderung pasif. Kucing Albino yang mengalami kelainan genetik ini tentunya memiliki efek samping yang terjadi padanya selain fisik juga berpengaruh pada pola tingkahnya. Efek samping yang ditimbulkan ialah lebih rentan mengalami kelelahan yang menyebabkan ia cenderung pasif dalam pola tingkahnya.

Mempunyai pola tingkah yang cenderung pasif maka tidak heran jika kucing Albino mudah sekali terjangkit penyakit. Virus dan bakteri akan lebih mudah menempel pada kucing ini dan menyebabkan daya tahan pada tubuhnya menjadi lemah. Itulah yang membuat kucing ini menjadi mudah Lelah dan pola tingkahnya cenderung pasif.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Tidak Cocok Makanan

4. Sensitivitas Tinggi

Ciri ciri kucing Albino yang terakhir ialah sensitivitasnya yang tinggi. Berbeda dengan kucing pada umumnya, kucing ini rentan akan paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama. Hewan yang mengalami kelainan Albino akan mempunyai tingkat sensitivitas yang tinggi akan cahaya matahari.

Apabila terkena cahaya matahari terlalu lama maka kulit kucing Albino ini akan mengalami kemerahan. Kemerahan pada kulitnya timbul karena akibat dari terbakar sinar matahari, Jika kucing ini terlalu sering dan lama dalam dijemur di bawah sinar matahari maka akan menyebabkan kebutaan pada matanya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad