Close

Ciri Ciri Kucing Jenis Mix Dome

Kucing memiliki banyak ras yang tersebar di dunia. Saat ini, telah banyak ras campuran yang menjadi hewan peliharaan. Bentuk mereka yang unik membuat kucing ini banyak diminati. Salah satu kucing ras campuran yang populer adalah kucing jenis mix dome, yang diperoleh melalui persilangan antara kucing ras asli dengan kucing domestik. Berikut adalah ulasan dari ciri ciri kucing jenis mix dome.

Ciri Ciri Kucing Jenis Mix Dome yang Dapat Membedakannya

1. Bentuk Wajah

Berbeda dengan kucing lainnya, kucing jenis mix dome memiliki ciri ciri berupa bentuk wajah yang oval. Biasanya mix dome anggora dan mix dome jenis siam persia memiliki bentuk wajah oval. Sedangkan kucing mix dome bengal memiliki struktur wajah yang lebih bulat.

2. Bentuk Leher

Bukan hanya manusia yang memiliki leher jenjang, namun kucing juga memiliki leher yang jenjang. Kucing mix dome memiliki leher yang ramping dan jenjang. Hal ini membuat kucing ini terlihat anggun dan menarik.

Artikel terkait: ciri ciri kucing tidak cocok dengan makanan

3. Warna Mata

Kucing memiliki warna mata yang berbeda-beda tergantung dari jenis kucing tersebut. Warna mata dapat menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu ciri ciri kucing jenis mix dome, terletak pada warna matanya. Warna mata kucing jenis mix dome adalah kuning kehitaman. Warna mata ini berasal dari mata milik ras domestik.

4. Bulu pada Ekor

Ekor adalah salah satu bagian tubuh yang penting bagi kucing. Biasanya kucing jenis mix dome memiliki bagian ekor yang lebih lebat dibandingkan dengan bagian tubuhnya yang lain. Bagian ekor yang berbulu lebat biasanya diwariskan dari karakter indukan dari ras aslinya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit tenggorokan

5. Memiliki Bulu Tubuh yang Pendek

Bulu merupakan salah satu bagian terpenting, karena keberadaan bulu di tumbuh kucing membuatnya dapat bertahan jika suhu udara rendah, ciri ciri kucing jenis mix dome yang selanjutnya adalah memiliki bulu tubuh yang pendek. Biasanya panjang bulu kucing jenis mix dome sama seperti kucing domestik pada umumnya.

6. Warna Bulu

Warna pada kucing menambah daya tariknya. Pada kucing mix dome, warna bulunya cenderung mengikuti warna bulu kucing ras domestik. Oleh karena itu, jika di Indonesia warna bulunya dominan putih, hitam, atau perpaduan pola warna hitam, putih, maupun kuning.

Artikel terkait: ciri ciri kucing dehidrasi

7. Interaksi Sosial

Kucing ini memiliki interaksi sosial cukup baik pada manusia. Selain itu, kucing mix dome juga akan akrab dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing atau kucing.

8. Perawakan

ciri ciri kucing jenis mix dome yang lainnya adalah perawakan tubuhnya. Berbeda dengan kucing ras asli yang memiliki tubuh yang besar, kucing mix dome memiliki tubuh yang lebih kecil. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kucing ras domestik, kucing mix dome sedikit lebih besar. Perawakan tubuh dari kucing ini adalah kokoh dengan otot-otot yang kuat.

Artikel terkait: ciri ciri kucing ragdoll

9. Segi Agresivitas

Selain memiliki interaksi yang baik dengan manusia maupun hewan peliharaan lainnya, kucing mix dome ini juga dikenal memiliki sifat yang lebih mandiri dan aktif bermain. Kucing ini lebih sering mengeksplorasi daerahnya karena rasa keingintahuannya yang tinggi. Selain itu, kucing mix dome lebih mudah untuk dilatih.

10. Segi Perawatan

Salah satu ciri ciri kucing jenis mix dome terletak pada segi perawatan kucing ini. Kucing jenis ini lebih mudah dalam perawatannya dibandingkan kucing ras asli. Selain itu, fisik dan ketahanan tubuhnya lebih kuat dibandingkan kucing ras asli.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad