Close

Ciri Ciri Kucing Sakit Tenggorokan

Kucing secara umum jika mengalami hal aneh atau sedang sakit terutama sakit tenggorokan, kucing akan mengalami perubahan dengan beberapa tanda-tanda. ciri ciri pada kucing yang sakit akan berbeda dari perilaku biasanya. Dimana perubahan ciri ciri ini mengindikasikan bahwa kucing dalam keadaan sakit.

Perhatikan Beberapa ciri ciri Kucing Sakit Tenggorokan

1. Susah Makan

Ciri ciri kucing sakit tenggorokan bisa dilihat dari nafsu makannya. Kucing akan merasa tidak nyaman pada bagian mulut yang menyebabkannya susah untuk menelan makan dan minum. Susah makan pada kucing yang sakit tenggorokan ini akan berlangsung umumnya selama sakit yang dirasakan mereda atau dalam jangka waktu yang panjang tanpa penanganan.

Kucing yang susah makan ini adalah salah satu ciri kucing sedang merasa tidak enak badan atau sakit. Selain itu saat sakit indra penciuman kucing juga akan sedikit berkurang sehingga tidak dapat mencium makanan yang disediakan atau diberikan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing dehidrasi

2. Merasa nyeri

Nyeri di sekitar tenggorokan dan mulut kucing diakibatkan karena sakit tenggorokan pada kucing. Hal ini membuat kucing lesu dan lemas. Bahkan kadang kucing hanya tiduran dan tidak ingin berjalan-jalan dan melakukan aktivitas apapun.

3. Batuk-batuk

Saat kucing batuk-batuk maka hal ini menandakan kucing dalam keadaan sakit tenggorokan. kamu bisa memastikan dengan cara menekan pelan bagian tenggorokan kucing, jika kucingmu tidak batuk maka kucing tersebut aman dan sehat. Namun jika saat ditekan kucing batuk maka kucing mengalami sakit tenggorokan.

artikel terkait: ciri ciri kucing ragdoll

4. Kucing Demam

Demam bisa menjadi ciri ciri kucing sakit tenggorokan. Demam pada kucing ditandai dengan berasa dingin pada telinga kucing. Selain itu pada bagian atas kepala kucing akan terasa hangat atau demam. Suhu badan pada kucing yang mengalami sakit tenggorokan juga umumnya akan lebih dari 39 derajat celcius. Lebih tinggi dari biasanya.

5. Kucing Lemas dan Tidak Aktif Bergerak

Kucing yang sakit tenggorokan menyebabkan kucing menjadi tidak aktif, tidak ingin bermain dan hanya ingin tidur. Suaranya parau dan lemas. Kucing yang sakit tenggorokan biasanya akan menghabiskan waktu untuk tidur sepanjang hari.

6. Kucing Muntah

Ciri ciri selanjutnya yakni kucing sering muntah-muntah. Hal ini menjadi ciri utama yang menyatakan kucing dalam keadaan sakit. Kucing sering muntah-muntah tidak jelas dapat menjadi pemberitahuan kucing kepada kita bahwa kucing sedang sakit tenggorokan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing terkena sakit flu

7. Kucing bersuara lemah

Ciri ciri kucing sakit tenggorokan bisa juga dilihat dari suaranya. Saat dalam keadaan sakit tenggorokan suara kucing dapat menandakan bahwa kucing dalam keadaan sakit. Suara sakit sari kucing ini umumnya terdengar lemas dan parau.

8. Penurunan Berat Badan

Saat dalam keadaan sakit tenggorokan, kucing susah makan dan bahkan tidak mau makan karena nyeri yang dirasakan. Hal ini dapat membuat berat badan kucing turun secara drastis. Selain itu yang membuat kucing mengalami berat badan yang menurun adalah saat sakit tenggorokan, kucing tidak bisa makan dan akan mengalami diare.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Terkena Toksoplasma

9. Mata dan Hidung Kucing Berair

Ketika sakit terutama sakit tenggorokan, mata dan hidung kucing akan berair. Dimana ini adalah proses respon tubuh kucing yang menandakan bahwa kucing dalam keadaan sakit.

Selain itu mulut, hidung dan telinga kucing saat sakit akan mengeluarkan bau tidak sedap. Karena terjadinya sakit tenggorokan maka mulut kucing pun akan menjadi bau.

10. Kucing Sensitif

Ciri ciri kucing sakit tenggorokan umumnya bisa dilihat dari tingkahnya yang lebih sensitif dan galak. Hal ini disebabkan karena kucing merasakan hal yang tidak nyaman terjadi pada tubuhnya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad