Close

Ciri Ciri Kucing Sakit Flu

Kucing yang kurang gerak dan belum pernah mendapatkan vaksin biasanya akan lebih rentan mengalami sakit flu. Meskipun flu termasuk penyakit yang ringan dan wajar, namun kamu para pemelihara kucing harus tetap waspada, terlebih jika flu menyerang anak kucing yang berusia antara satu bulan. Karena dapat mengancam nyawa si kucing. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui ciri ciri kucing sakit flu.

Ciri Ciri Kucing Sakit Flu yang Perlu Anda Ketahui

1. Suhu tubuh tinggi

Saat memegang kucing, tentunya Anda akan merasakan perbedaan jika kucing sedang dalam keadaan demam. Untuk mengetahui suhu tubuh kucing tidak bisa hanya dengan menyentuh keningnya saja. Karena hal itu tidak akan akurat. Penggunaan termometer menjadi pilihan yang tepat agar kita tahu berapa suhu tubuh si kucing. Anda bisa memasukkan termometer ke dalam rektum atau telinga. Jika hasilnya menunjukkan lebih dari 39 derajat Celcius, berarti kucing memang sedang mengalami demam.

2. Bersin-bersin

Bersin-bersin bisa menandakan bahwa kucing sedang mengalami masalah pada saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan pada kucing biasanya disebabkan oleh adanya virus, jamur, maupun bakteri. Salah satunya karena virus influenza yang dapat menyebabkan penderitanya bersin-bersin.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Terkena Toksoplasma

3. Berkurangnya nafsu makan

Ciri ciri kucing sakit flu yang ketiga adalah nafsu makan yang berkurang. Ketika kucing tiba-tiba enggan untuk makan, patut Anda curigai bahwa sedang ada masalah kesehatan yang terjadi. Meskipun penyebab perubahan pola makan pada kucing bermacam-macam, tapi Anda harus tetap waspada. Penyakit flu pada kucing dapat mempengaruhi indera penciuman sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang.

4. Mata memerah

Mata kucing dapat dijadikan indikator apakah kucing sedang dalam keadaan sehat atau tidak. Ketika matanya terlihat merah, bisa jadi itu adalah petunjuk bahwa kucing tersebut sedang mengalami infeksi. Keberadaan virus influenza yang menyerang kucing dapat menyebabkan warna matanya berubah kemerahan dan keluarnya kotoran mata yang berlebihan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing British Shorthair

5. Batuk

Batuk juga menjadi salah satu ciri ciri kucing sakit flu. Flu dan batuk memang sering kali muncul bersamaan meskipun sebenarnya keduanya berbeda. Tak hanya pada manusia, ternyata pada kucing pun flu dan batuk juga dapat terjadi secara bersamaan.

6. Keluar ingus

Tanda bahwa kucing sedang flu berikutnya adalah keluarnya ingus pada hidung kucing. Ingus merupakan cairan berlendir yang berada di rongga hidung. Saat flu, ingus akan keluar lebih banyak dan biasanya terasa sangat mengganggu sehingga kucing merasa tidak nyaman dengan kondisinya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing bengal

7. Tubuh kucing terlihat lemas

Jika kucing peliharaan Anda terlihat lemas dan kurang energik, bisa jadi itu adalah ciri ciri kucing sakit flu. Biasanya kucing akan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur ketika sakit. Tubuhnya terasa letih sehingga lebih nyaman jika digunakan untuk tiduran. .

8. Sariawan

Anda juga harus memperhatikan bagian mulut kucing. Karena pada saat flu, bisa jadi kucing akan mengalami sariawan. Sariawan pada kucing bisa terjadi pada bagian dinding dalam mulut. Tanda lain saat kucing sariawan adalah bau mulut yang tidak sedap, mulutnya sering terbuka, mengeluarkan air liur, nafsu makan berkurang dan terjadinya peradangan pada bagian mulut dalam.

Artikel terkait: ciri ciri kucing hutan

9. Mata berair

Ciri ciri kucing sakit flu selanjutnya adalah keluarnya cairan pada mata kucing. Jika ini terjadi secara berlebihan, dapat dipastikan sedang ada yang tidak beres pada kucing Anda. Maka cobalah mencari gejala lain yang mungkin menyertai, karena bisa jadi hal ini disebabkan oleh virus influenza.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad