Ciri Ciri Kucing Terkena Toksoplasma

Kucing termasuk kedalam hewan terpopuler yang sering dipelihara oleh manusia. Namun, tahukah kamu bahwa kucing juga menyimpan berbagai bahaya tersendiri yang berasal dari sebuah parasit bernama Toksoplasma. Kucing yang mengidap parasit Toksoplasma dalam tubuhnya dapat menjadi ancaman kesehatan bagi kamu yang memelihara hewan menggemaskan ini.

Toksoplasma yang ada dalam tubuh si kucing dapat tersebar melalui kotoran yang mereka keluarkan apabila kamu mengalami kontak langsung dari sumber parasit tersebut. Untuk memahami apa saja ciri ciri kucing terkena Toksoplasma berikut fakta-faktanya.

Simak Beberapa Ciri Ciri Kucing Terkena Toksoplasma

1. Nafsu Makan Berkurang

Pada kondisi kucing yang normal biasanya mereka akan memiliki keinginan untuk makan yang cenderung tinggi.

Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik dengan ciri ciri kucing terkena Toksoplasma yang cenderung kehilangan nafsu makan karena parasit Toksoplasma yang ada di tubuhnya banyak menyerap nutrisi yang masuk sehingga membuat kondisi kucing kamu semakin memburuk.

2. Demam

Tanpa penyebab yang jelas tiba-tiba kucing kamu menderita demam tinggi? Ini juga termasuk indikasi awal dari ciri ciri kucing terkena Toksoplasma. Hal tersebut perlu kamu pahami sedari awal supaya kucing yang kamu miliki bisa mendapat penangan secara tepat. Alangkah baiknya untuk membawa kucing kesayanganmu menuju klinik untuk diambil sampel kotoran dan darah si kucing.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing British Shorthair

3. Pasif dan Malas

Kucing tidak seaktif biasanya? Pertanda yang satu ini pasti dapat membuat kamu merasa sedih dan mempertanyakan apa sumber penyebabnya. Ya, kucing yang menderita Toksoplasma akan terlihat sangat pasif dan cenderung menghabiskan waktunya untuk beristirahat.

Hal tersebut sangat disayangkan karena membuat interaksi antara kamu dengan kucing kesayangan menjadi semakin berkurang dan membuat kamu merasa kesepian.

4. Luka Pada Kulit

Kondisi kulit dan bulu yang sehat pada kucing peliharaan adalah idaman banyak orang. Namun apa jadinya bila didapati kucing mengalami luka-luka di sekujur tubuh sehingga mengurangi keindahan dari kucing peliharaan kamu. Hal tersebut termasuk kedalam ciri ciri kucing terkena Toksoplasma selanjutnya yang membuat kamu khawatir.

Seekor kucing yang dalam kondisi sehat akan lebih jarang menggaruk bagian tubuhnya yang dapat menyebabkan luka pada kulit si kucing.

Artikel terkait: ciri ciri kucing bengal

5. Mata

Kamu pasti mengharapkan kucing yang kamu rawat dapat diajak bermain dalam kondisi yang sehat selalu. Namun, pada kucing yang menderita parasit Toksoplasma dalam tubuhnya akan menyerang fungsi penglihatan dari kucingmu. Gangguan penglihatan yang terjadi ini meliputi ukuran pada bagian pupil yang tidak normal dari biasanya dan hilangnya pandangan pada si kucing.

Kamu disarankan untuk memeriksakan kucing peliharaan yang kamu miliki secara teratur ke Dokter hewan supaya kondisi kesehatannya dapat terpantau dengan baik.

Artikel terkait: ciri ciri kucing hutan

6. Terganggunya Sistem Saraf

Ciri ciri kucing terkena Toksoplasma yang selanjutnya ialah sistem saraf si kucing yang menjadi tidak normal. Parasit Toksoplasma yang telah lama hinggap dalam tubuh kucing kamu akan membuat sistem koordinasi pada tubuh kucing menjadi terganggu.

Kondisi ini dapat mempersulit aktivitas kucing yang salah satunya adalah dalam upaya untuk menelan makanan karena sistem saraf yang tidak sinkron. Di lain sisi terganggunya sistem saraf pada kucing yang menderita Toksoplasma akan membuat sulitnya kucing kamu dalam mengendalikan sistem pencernaan yang dimiliki sehingga membuat ia bolak-balik menuju kotak pasirnya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing kedinginan

7. Sesak Nafas

Kucing yang menderita Toksoplasma biasanya akan kesulitan untuk bernafas. Kesulitan tersebut akan membuat aliran oksigen dalam tubuh kucing menjadi tidak normal yang juga dapat mengakhiri nyawa kucingmu.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Close