Ciri Ciri Kucing Sakit Perut dan Cara Mengobatinya

Pada umumnya kucing harus buang air besar setidaknya dalam satu hari satu kali. Jadi, sebagai pemilik diwajibkan untuk waspada jika kucing peliharaan mengalami perubahan dalam buang air besar yang tidak seperti biasanya. Karena bisa jadi terdapat permasalahan pada pencernaannya. Nah, terdapat ciri ciri kucing sakit perut yang harus Anda ketahui:

Kenali Ciri Umum Saat Kucing Sakit Perut

1. Kucing Tidak Mau Makan

Memang menjadi hal yang umum jika tiba-tiba saja kucing peliharaan Anda tidak mau makan, dan bisa jadi kucing mengalami sakit pada perutnya. Misalnya saja terdapat sesuatu yang tersangkut pada usus. Biasanya untuk kucing yang tidak mau makan tentu akan menimbulkan gejala penyakit tertentu sehingga pada akhirnya membuat kucing tidak merasa nyaman. Bisa jadi ini adalah ciri ciri kucing sakit perut.

Kondisi yang seperti ini tentu akan sangat fatal jika tidak segera dirawat. Karena untuk kucing gemuk yang tiba-tiba berhenti makan, akan secara cepat mengembangkan lipidosis hati. Penyakit hati berlemak atau juga disebut sebagai sindrom hati berlemak akan menjadi penyakit yang berbahaya. Karena hati kucing akan kewalahan ketika mengubah lemak menjadi energi.

Artikel terkait: ciri ciri kucing Himalaya

2. Muntah-muntah

Muntah juga menjadi ciri ciri kucing sakit perut, yang tentunya kondisi seperti ini sangat mengkhawatirkan. Hampir sama dengan anak kucing, kondisi seperti ini memang cukup alamiah dialami karena merupakan perlindungan dari zat-zat berbahaya.

Namun, ketika kucing sering muntah tentu hal itu itu merupakan gejala adanya penyakit tertentu pada perutnya ataupun sistem pencernaannya. Maka dari itu, segeralah untuk membawa kucing peliharaan ke dokter hewan.

Kondisi yang seperti ini pasti akan sangat membahayakan bagi kucing, karena kondisi kucing akan melemah dikarenakan sering muntah. Bahkan kucing tidak memiliki gairah untuk melakukan aktivitas.

Artikel terkait: ciri ciri kucing muezza

3. Kucing Mengalami Diare

Diare juga menjadi ciri umum ketika kucing mengalami permasalahan pada perutnya. Bisa jadi dia hari ini dikarenakan karena menu makanan yang tidak sesuai, kucing makan secara berlebihan ataupun adanya infeksi.

Karena pada umumnya kucing akan buang air besar sehari sekali saja, jadi ketika kucing tiba-tiba buang air besar lebih dari satu kali dalam satu hari perlu diwaspadai. Karena diare pada kucing bisa mengakibatkan dehidrasi, sehingga langkah yang paling tepat adalah membawanya ke dokter hewan agar segera mendapatkan penanganan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing kampung

4. Tiba-tiba Suka Mengeong

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa bersuara secara berlebihan untuk menyampaikan rasa yang dialaminya. Pada saat kucing suka mengeong bisa jadi itu adalah tanda terdapat permasalahan pada tubuhnya.

Hal ini juga bisa menjadi ciri ciri kucing sakit perut, dan sebagai pemilik hewan maka diwajibkan untuk mengetahui karakteristik dari kucing. Jika saja kucing pada awalnya cenderung pendiam namun tiba-tiba suka mengeong tentu terjadi permasalahan pada sistem pencernaannya sehingga membuat kucing tidak nyaman.

Artikel terkait: ciri ciri kucing mau pup

5. Pupil Kucing Yang Terlihat Berbeda Dan Kucing Menjadi Galak

Ketika pupil dari kucing peliharaan terlihat melebar ataupun menyempit secara terus menerus, maka itu adalah tanda jika kucing mengalami sakit. Hal ini juga bisa menjadi ciri ciri kucing sakit perut yang yang harus segera dibawa ke dokter hewan.

Bukan itu saja, kucing juga akan terlihat lebih galak sedangkan sebelumnya tidak pernah seperti itu. Tentu saja ciri seperti ini wajib untuk diperhatikan sebab, terjadi permasalahan yang serius pada sistem pencernaannya dan Anda harus segera memberikan perawatan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu