Ciri Ciri Kucing Kampung

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan hewan lucu satu ini bukan? Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Di Indonesia sendiri, kucing domestik atau yang biasa kita sebut sebagai kucing kampung bisa dengan mudah kita temukan di berbagai tempat. Tak sedikit yang menjadikan kucing jenis ini peliharaan kesayanganya. Selain banyak juga yang hidup liar tanpa majikan. Ada beberapa ciri ciri kucing kampung yang membuatnya mudah untuk dibedakan dari ras kucing lainya.

Ciri Ciri Umum yang Dimiliki Kucing Kampung

1. Kepala

Bentuk kepalanya, cenderung kecil dan sedikit lebih lonjong dibanding kucing lainya. Selain itu, kucing kampung memiliki ukuran telinga yang sedang. Dengan kepala yang kecil, kucing ini mampu masuk ke lubang-lubang yang secara kasat mata tidak mungkin dilalui. Jika kepala kucing masuk, maka tubuhnya juga masuk.

2. Tubuh

Ciri ciri kucing kampung selanjutnya dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Umumnya, kucing jenis ini memiliki bentuk tubuh yang pendek dan leher yang kecil. Postur tubuhnya juga ramping sehingga membuatnya lebih lincah dari beberapa ras kucing lain.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing mau pup

3. Bulu

Kucing jenis ini memiliki bulu yang lebih pendek dibanding ras kucing lainya seperti Anggora dan Persia. Karena bulunya yang tidak terlalu tebal, maka tidak perlu ada perawatan khusus untuk bulunya. Bahkan kebanyakan kucing kampung tidak dimandikan secara rutin. Karena memang pada umumnya kucing ini sangat takut terhadap air.

4. Gaya Hidup

Ciri ciri kucing kampung yang selanjutnya dilihat dari gaya hidup. Kebiasaan kucing kampung sedikit berbeda dari ras kucing lainya. Diantaranya adalah kucing kampung cenderung lebih aktif. Mereka terbiasa mencari makan ataupun berburu mangsa secara mandiri. Meski tidak diberi makan majikannya, kucing ini masih mampu bertahan hidup diluar sana.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing mati keracunan

5. Kepekaan

Kucing jenis ini memiliki kepekaan yang lebih. Sekali saja kamu memberi makan mereka, selanjutnya mereka akan selalu ingat dan sering mampir ke tempatmu. Begitu juga kepekaan dalam berburu. Kucing ini sangat pintar dalam memburu mangsanya seperti tikus, serangga dan lainnya.

6. Makanan

Dari segi makan, mereka cenderung tidak terlalu memilih-milih makanan atau tidak perlu diberi makanan khusus kucing yang harganya mahal. Bahkan kucing jenis ini masih mau memakan makanan sisa dari manusia seperti nasi, tulang, dan makanan lainnya.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing mau kawin

7. Sifat

ciri ciri kucing kampung yang membuatnya kurang disukai antara lain adalah, mereka cenderung kotor karena tidak menyukai air. Mereka suka berantem dengan kucing kampung lain, membuatnya terlihat penuh luka, dan berisik saat sedang bertarung. Selain itu mereka akan terus kawin dan berkembang biak jika tidak disteril.

8. Kesehatan

Kucing ini memiliki daya tubuh yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa hidup di alam bebas tanpa dikurung. Hal itu membuat mereka terlatih beradaptasi dengan berbagai medan dan cuaca. Selain itu karena mereka adalah tipe kucing yang aktif dibandingkan dengan beberapa ras kucing yang cenderung pemalas.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing betina birahi

9. Tempat Tinggal

Ciri ciri kucing kampung berikutnya adalah kebiasaan mereka yang terbiasa hidup di alam bebas, kucing kampung terkadang suka berpindah-pindah tempat tinggal. Mereka akan menetap di tempat yang membuat mereka nyaman. Maka jangan heran jika kucing kampung kamu berpindah tempat tinggal ke rumah tetangga karena mereka diberi makan lebih enak atau sering dibanding pemiliknya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu