Ciri Ciri Kucing Mau Kawin

Kucing hewan imut dan menggemaskan yang banyak dijadikan pilihan utama peliharaan saat ini. Tingkahnya yang lucu membuat setiap orang ingin merawatnya. Namun, memelihara bukan hanya sekedar memberi makan dan minum saja. Anda juga haru paham mengenai siklus birahinya dalam beberapa ciri ciri kucing mau kawin. Berikut beberapa ulasan terkait hal tersebut.

Siklus birahi dan Ciri ciri Kucing Mau kawin

Mungkin tidak banyak dari Anda yang paham terkait tanda-tanda yang ditunjukkan oleh binatang kesayangan ini saat memasuki masa kawin. Biasanya kucing akan menunjukkan tingkah laku yang berbeda pada masa-masa tersebut. Berikut adalah hal yang dimaksudkan.

1. Estrus

Ciri ciri kucing mau kawin yang pertama yaitu disebut dengan masa estrus. Dimana hal ini akan terjadi pada kucing betina Anda. Biasanya perubahan yang akan terlihat yaitu dari bentuk fisiknya, dimana akan mulai mengalami penghangatan suhu, dan juga mulai enggan untuk makan. Pada beberapa kasus juga ditunjukkan dengan adanya pembengkakan pada organ reproduksinya. Biasanya akan terjadi perubahan warna kemerahan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Betina Birahi

Ketika kucing Anda kedapatan selalu mengeong tidak seperti biasanya bisa jadi dalam masa estrus. Perilaku lainnya akan ditunjukkan dengan berguling-guling dan menarik perhatian. Selain itu juga akan sering mencoba untuk terus membuat suhu badannya menjadi lebih hangat. pada beberapa kondisi juga ditunjukkan dengan intensitas penegakan ekor. Biasanya siklus pada masa ini akan berlangsung kurang lebih 3-14 hari.

Sedangkan pada jenis kucing jantan masa estrus ditandai dengan perangai yang lebih galah dan sensitive terhadap sentuhan. Bahkan yang paling banyak terjadi pada tahapan siklus ini adalah kebiasaannya yang sering menghilang untuk mencari betina. Sebagai pemilik yang baik, agar lebih sabar jika mendapati binatang kesayangan Anda pada masa ini karena memang birahinya sedang naik.

Artikel terkait: ciri ciri kucing gagal kawin

2. Interestrus

Ciri ciri kucing mau kawin yang kedua yaitu ketika memasuki masa interestrus, dimana pada periode ini terjadi diantara masa estrus berlangsung. Jika pada tahap masa ini kucing betina Anda tidak dikawinkan maka tahapannya akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Sehingga ketika pada proses ini upayakan untuk mengenalinya dan mengawinkannya. Karena ini akan membantu perubahan perilakunya menjadi membaik.

3. Metestrus

Ciri ciri kucing mau kawin ketiga yaitu metestrus, ini termasuk ke dalam tahapan terakhir. Siklus ini termasuk proses yang paling aman dan berlangsung sekitar 30-40 hari. Jika perkawinan berhasil dan mengalami kehamilan maka kucing akan menolak untuk kawin lagi. Masa kehamilan sendiri berada pada sekitar 62-65 hari.

Artikel terkait: ciri ciri khusus kucing anggora

Dibandingkan dengan siklus pertama dan ke dua, perubahan perilaku yang terjadi sudah tidak ekstrim lagi. Bahkan pada kondisi ini kucing akan lebih tenang dan juga kembali pada perangai awalnya. jadi Anda sudah mulai tidak perlu cemas lagi.

Perubahan pada masa siklus birahi ini harus diperhatikan, karena bisa saja menimbulkan perubahan perilaku yang tidak stabil. Sehingga sebagai pemilik perlu untuk lebih paham mengenai beberapa perubahan yang dialami oleh kucing kesayangan Anda. Mungkin akan terasa membingungkan bagi Anda yang baru memiliki peliharaan, namun segera untuk mempelajarinya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing stres

Itulah beberapa ulasan informasi terkait ciri ciri kucing mau kawin. Tidak ada salahnya untuk mempelajarinya sebagai bekal untuk mengetahui kepribadian kucing lebih dalam. Karena merawat bukan hanya memberikan asupan gizi pada makan tapi juga memberikan kasih sayang dan perhatian. Sehingga koneksi diantaran Anda dan peliharaan menjadi lebih dekat lagi.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu