Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Begitu mendengar kata kucing, beberapa dari Anda pasti langsung membayangkan hewan berbulu yang menggemaskan dan sering dijadikan peliharaan di rumah. Salah satu jenis kucing yang paling sering menjadi peliharaan masyarakat Indonesia adalah kucing Anggora. Namun karena kucing jenis ini kerap dikawin silangkan dengan jenis kucing lain, sulit terkadang untuk membedakannya dari ras kucing lain. Karena itulah, penting untuk mengetahui ciri ciri kucing Anggora sebelum mengadopsinya.

Ciri Ciri Kucing Anggora yang Asli

1. Bentuk Kepala yang Menyerupai Segitiga

Ciri fisik pertama yang harus Anda perhatikan dari kucing Anggora adalah bentuk kepalanya. Sekilas memang terlihat seperti kepala kucing lokal. Namun jika diperhatikan secara seksama, bentuk kepala kucing Anggora cenderung menyerupai segitiga terbalik.

Bagian atas kepala kucing ini jauh lebih lebar dengan bagian dagu yang mengurucut. Selain itu, bulu di bagian kepalanya juga tidak terlalu panjang. Hal ini juga bisa menjadi ciri paling kentara yang membedakannya dari kucing Persia.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Stres dan Cara Mengatasinya

2. Bentuk Telinga yang Lebih Lebar

Ciri ciri kucing Anggora selanjutnya bisa dilihat dari bentuk telinganya yang lebih lebar dibanding kucing Persia. Bagian ujung telinga kucing ini juga menyerupai bentuk segitiga yang mengerucut. Selain itu, jarak di antara telinganya juga saling berdekatan.

Bentuk telinga kucing yang satu ini memang sekilas mirip bentuk telinga kucing lokal. Namun bedanya adalah telinga kucing Anggora tidak banyak ditumbuhi bulu, sehingga kedua telinganya terlihat panjang dan juga jelas.

Artikel terkait: Ciri ciri Kucing Mau Melahirkan

3. Warna Mata

Kucing yang satu ini memiliki sejumlah warna mata yang indah dan memukau, seperti kuning emas, hijau, biru, dan bahkan hingga warna-warna lain yang sering kali tidak terduga. Bahkan, tak jarang ada beberapa ekor kucing Anggora yang memiliki dua warna mata berbeda atau sering disebut dengan istilah heterochromia.

Kucing yang memiliki dua warna berbeda seperti ini membuat kucing tersebut memiliki keunikannya sendiri. Bahkan warna mata yang berbeda juga bisa membuat harga jual atau adopsinya menjadi jauh lebih tinggi.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Mau Mati

4. Bentuk Tubuh yang Langsing

Ciri ciri kucing Anggora selanjutnya bisa dilihat dengan jelas dari bentuk tubuhnya. Anggora memiliki bentuk tubuh yang cenderung langsing dibanding ras kucing lainnya. Namun Anggora jantan biasanya memiliki bentuk badan yang jauh lebih besar dibanding kucing betina.

Pada dasarnya, bentuk tubuh kucing ini tidak bisa dibilang terlalu panjang maupun pendek. Bagian belakang tubuhnya cenderung lebih tinggi daripada bagian depan. Selain itu, kucing ini juga memiliki struktur tulang yang cukup bagus dimana bisa terlihat dengan jelas saat kucing sedang duduk.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

5. Memiliki Bulu yang Tidak Terlalu Lebat

Ciri ciri kucing Anggora selanjutnya adalah bulunya yang tidak terlalu panjang maupun lebat. Akan tetapi masih bisa dibilang cukup lebat dan bisa beradaptasi dengan mudah terhadap segala jenis cuaca. Selain itu, bulu Anggora juga memiliki warna dasar yang sangat beragam.

Selain memiliki warna-warna dasar seperti putih, merah, hitam, dan biru, kucing jenis ini juga memiliki pola bulu yang sangat bervariasi. Ada yang memiliki satu warna saja, dua warna, tiga warna atau yang juga dikenal dengan sebutan calico¸ kombinasi bulu yang menyerupai asap atau disebut juga dengan smokey, dan masih banyak lagi.

Artikel menarik: Daerah Penghasil Emas

6. Memiliki Ekor Panjang dan Tebal

Ciri fisik yang membedakan kucing Anggora dari ras kucing lain dapat terlihat dari ekornya yang panjang dan cenderung tebal selaras dengan ukuran tubuh dan bulunya. Jika mendapatkan perawatan yang baik, kucing ini bisa memiliki bentuk ekor yang mengembang seperti kemoceng.

Demikianlah ciri ciri kucing Anggora yang bisa dilihat dari fisiknya. Selain dibedakan dari bentuk fisiknya, Anda juga bisa membedakannya dari sifat dan peilakunya yang cenderung manja, aktif, dan mudah untuk diajak berinteraksi.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu