Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan

Memelihara kucing betina memang memerlukan perhatian ekstra, apalagi jika belum disterilkan. Pasalnya, pemilik kucing betina harus memberikan perhatian lebih pada saat kucing sedang dalam kondisi hamil. Tidak jauh berbeda dengan manusia, mamalia satu ini juga memiliki tanda-tanda yang menunjukkan akan melahirkan. Lalu apa saja ciri ciri kucing mau melahirkan yang harus diketahui dan dipahami?

Kenali Ciri ciri utama Kucing Mau Melahirkan

1. Mulai Mencari “Sarang” untuk Melahirkan

Menjelang proses melahirkan, induk kucing biasanya mulai mencari lokasi yang dianggap nyaman dan aman untuk melahirkan seperti dapur, lemari baju, atau atap rumah. Kalau kamu mendapati kucingmu seperti ini, letakkan selimut atau handuk di tempat yang dipilihnya agar si kucing merasa lebih nyaman.

2. Hobi Tidur

Ciri ciri kucing mau melahirkan selanjutnya adalah tidur dalam jangka waktu yang cukup panjang dan bahkan bisa selama 20 jam dalam sehari. Ini karena induk kucing sedang mempersiapkan fisik dan staminanya saat akan melahirkan.

Baca juga artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Mau Mati

3. Sering Mengeong

Mendekati proses melahirkan, biasanya kucing akan sering mengeong. Ini bisa menjadi tanda agar si pemilik kucing menjauhkan kucing jantan dari induk kucing. Ini dilakukan agar kucing jantan tidak membawa pergi anak kucing yang baru saja lahir.

4. Nafsu Makan Menurun

Kamu tidak perlu khawatir jika nafsu makan kucing betinamu yang sedang hamil justru berkurang. Biasanya kucing betina seperti ini karena berat badannya bertambah selama masa kehamilan sehingga tubuhnya menjadi lemas. Tetap beri kucingmu makan seperti biasa.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

5. Menjilati Tubuh

Ciri ciri kucing mau melahirkan selanjutnya adalah terjadinya perubahan fisiologis pada kucing betina. Dampaknya adalah kucing akan terlihat sering menjilati tubuhnya untuk merangsang hormon yang berguna untuk mempermudah proses melahirkan.

6. Pecahnya Air Ketuban

Ibu hamil yang sedang mengandung pasti akan mengalami yang namanya pecah air ketuban. Sebagai mamalia, kucing betina juga akan mengalami hal yang sama jika proses kelahiran semakin dekat. Umumnya air ketuban kucing akan pecah pada masa kehamilan 60 hingga 70 hari.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit perut

7. Keluarnya Cairan Kolostrum

Jika kelenjar susu kucing betina mulai mengeluarkan cairan kolostrum, bisa dipastikan proses melahirkan sudah semakin dekat. Pada saat mengandung, kelenjar susu pada induk kucing akan mulai membesar dan saat menjelang melahirkan, puting susu mulai berubah kemerahan dan mengeluarkan cairan putih kekuningan yang disebut cairan kolostrum.

8. Kesulitan Bergerak

Ciri ciri kucing mau melahirkan yang selanjutnya adalah induk kucing yang sedang hamil besar terlihat susah bergerak. Kondisi ini disebabkan karena membesarnya perut kucing, sehingga pergerakannya menjadi semakin terbatas. Hal ini biasanya juga disertai dengan adanya kontraksi pada perut si betina yang akan semakin sering terjadi.

9. Menurunnya Suhu Tubuh

Umumnya, 12 hingga 24 jam menjelang kelahiran, suhu tubuh kucing betina mulai mengalami penurunan. Dalam kondisi sedang mengandung, suhu normal kucing yang akan melahirkan adalah sekitar 37°C hingga 38°C, sedangkan suhu kucing betina yang tidak sedang mengandung bisa mencapai 38°C hingga 39,2°C.

Artikel terkait: ciri ciri kucing albino

10. Pola Pernapasan Mulai Berubah

Normalnya, kucing yang akan segera melahirkan mulai terlihat seperti terengah-engah dengan denyut jantung yang semakin cepat. Ini menandakan terjadinya kontraksi mengingat posisi janin di dalam rahim kucing pindah ke bagian mulut rahim. Kontraksi ini bisa berlangsung hingga 12 jam menjelang melahirkan.

Itulah ciri ciri kucing mau melahirkan yang harus diperhatikan bagi siapapun yang memiliki kucing betina. Sebagian besar kucing betina bisa melahirkan tanpa bantuan manusia. Jika kucing mengalami kontraksi namun tak kunjung melahirkan, ada baiknya menghubungi dokter hewan agar kucing segera mendapatkan penanganan khusus.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu