Close

Ciri Ciri Kucing Sariawan

Bukan hal yang mustahil jika kucing peliharaan Anda mengalami sariawan. Pasalnya potensi terkena virus pada tubuhnya juga sama dengan manusia. Saat kondisi ini terjadi, mungkin akan sedikit merepotkan terutama bagi Anda yang baru memulai untuk memeliharanya. Biasanya ciri ciri kucing sariawan yang paling terlihat adalah sikap tidak mau makan, saat itu terjadi kenali beberapa gejala lainnya.

Gejala pada Ciri Ciri Kucing Sariawan

Mungkin akan banyak dari Anda yang kebingungan ketika tahu kucing kesayangan tiba-tiba tidak mau makan dan minum. Tingkahnya juga semakin rewel, sehingga susah untuk untuk diajak bermain. Bisa jadi ini adalah gejala awal yang ditunjukkan sebagai ciri ciri kucing sariawan.

1. Terdapat Bagian Mulut yang Sakit saat Disentuh

Pada saat menggendong dan mendekatinya, perhatikan dengan baik bagian yang sakit saat disentuh. Bisa jadi terjadi luka. Namun, jika tidak ada reaksi apapun, coba periksa bagian dalam mulutnya. Kemungkinan terdapat sariawan di bagian gusi ataupun mulutnya. Sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan yang tepat untuk pengobatannya.

Saat mengetahui kalau kucing peliharaan Anda mengalami gejala yang menunjukkan ciri ciri kucing sariawan, ada baiknya untuk memberikan afeksi lebih. Karena pada kondisi tersebut akan sering terlihat menyendiri dan berdiam diri tidak seperti biasanya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit lambung

2. Tidak Nafsu Makan

Pada Kondisi sariawan memang kebanyakan kucing akan mulai tidak berminat untuk makan. Karena kondisi gusi dan mulutnya yang tidak nyaman sehingga secara alamiah akan menghindari kegiatan apapun yang bisa menimbulkan rasa sakitnya lagi. Apabila terlihat perangai seperti ini segera periksa bagian mulutnya dan pastikan apakah ada gejala yang dimaksudkan.

Jika Anda benar-benar yakin peliharaan menunjukkan gejala kurang nafsu makan pada ciri ciri kucing sariawan, maka langkah awal yang harus diambil yaitu mengubah makanan ke jenis dengan tekstur lembek. Mengapa demikian? karena pada kondisi tersebut, akan sangat susah untuk mengunyah atau mengkonsumsi makanan seperti biasanya. Sehingga ini bisa membantunya untuk tetap ternutrisi saat sedang sakit.

Artikel terkait: ciri ciri kucing Himalaya

3. Lemas dan Cenderung Berdiam Diri

Selain menunjukkan sikap kurang nafsu makan, biasanya akan juga timbul gejala lemas dan berdiam diri. Jika terlihat kondisi seperti ini, pastikan Anda untuk segera melakukan pengecekan terkait keadaan kesehatannya. Karena memungkinkan mulut ataupun gusinya telah terinfeksi atau teriritasi oleh virus atau bakteri yang menyebabkan timbul sariawan.

Dekati kucing Anda kemudian gendong dan lihat pada bagian dalam gigi dan mulutnya. Bila memang ditemukan sariawan lakukan penambahan asupan antibiotik alami untuk penyembuhan seperti vitamin ataupun kunyit.

Artikel terkait: ciri ciri kucing muezza

4. Mulut Kucing Terus Mengeluarkan Air Liur

Gejala lain yang mungkin bisa dijadikan sebagai pertanda kalau hewan peliharaan Anda ini terkena sariawan adalah mulutnya yang banyak mengeluarkan air liur. Biasanya itu terjadi karena kucing akan terus membuka bagian mulutnya untuk menahan rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan.

Sehingga pada kondisi tersebut air liur yang turun bisa jadi tidak terkendali. Ketika melihat kondisi tersebut, sepatutnya Anda curiga dan mencoba untuk melihat kondisi kesehatannya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing kampung

5. Rewel dan Sensitif

Saat kondisi kurang sehat, tentu kucing akan menunjukkan perangai yang hampir sama dengan manusia. Intensitas mengaung dan juga rewelnya semakin parah, ini terjadi pada beberapa kasus. Bahkan hewan tersebut akan cenderung sensitif terhadap segala bentuk sentuhan dari pemiliknya.

Gejala dari ciri ciri kucing sariawan ini tentu akan membuat Anda kebingungan untuk mengambil tindakan. Terlebih bagi seorang yang baru memilikinya sebagai binatang peliharaan. Ketika kucing sensitif dan rewel, langkah yang paling tepat adalah memeriksa bagian mulutnya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad