Close

Ciri Ciri Jamur Pada Kucing

Hewan berbulu satu ini memang sangat manis dan menggemaskan terlebih ketika bulunya yang lebat membuatnya lebih terlihat berisi. Tapi tahukah Anda jika bagian tubuhnya yang satu ini rawan sekali terserang penyakit, salah satunya yaitu jamur. Bagaimana mengenali ciri ciri jamur pada kucing, berikut penjelasannya.

Kenali segera Ciri Ciri kucing terkena jamur pada kulit

Serangan parasit organisme pada bulu kucing sangatlah rawan terjadi, terlebih jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Sebelum sebaran virusnya melebar pada bagian tubuh lain, alangkah baiknya untuk mengenali ciri ciri jamur pada kucing, berikut beberapa kondisi terkait keadaan tersebut:

1. Terdapat Ruam di Kulit Kucing

Ciri ciri jamur pada kucing pertama yang muncul yaitu berupa ruam pada kulit yang berbentuk bintik-bintik. Biasanya penampakannya sedikit kering dan merah yang melebur bersama warna kulitnya. Pada awalnya tidak terlalu lebar, namun ketika sering digaruk virus atau sporanya akan menyebar pada bagian tubuh lainnya.

Hal ini terjadi karena infeksi yang diakibatkan bakteri jamur pada bulunya menyebabkan iritasi. Sehingga kulit mengering dan juga kehilangan kelembabannya, dan menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Pada saat itu kucing akan mulai menggaruk-garuk pada intensitas yang tidak biasa. Bagian yang paling sering terkena bakteri ini biasanya ada di sekitar wajah, dan juga telinga.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sariawan

2. Bersin-Bersin

Gejala lain yang mungkin timbul pada saat kucing mengalami jamuran di kulitnya yaitu bersin. Saat Anda mulai melihat perangainya yang menunjukkan adanya indikasi tersebut, segera cek bagian tubuhnya untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit yang hinggap di kulit atau bagian tubuh lainnya.

Respon kucing akan bau menyengat atau tidak enak yang ditimbulkan oleh bakteri jamur pada tubuhnya menyebabkannya bersin. Penciuman tajam memungkinkannya untuk merespon dengan cara ini.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit perut

3. Infeksi pada Kukunya

Infeksi pada kuku terjadi saat kucing mulai banyak menggaruk-garuk bagian tubuh yang terserang jamur. Sehingga kemungkinan besar akan terjadi infeksi oleh parasit yang menempel di kulitnya dan merusak kuku. Tanda-tanda yang bisa dikenali adalah munculnya minyak berlebih yang juga disertai oleh kerak tidak wajar.

Apabila Anda melihat kondisi ini sudah mulai terjadi, segera untuk memotong kukunya. Mengapa demikian? hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran pada bagian lain yang belum terinfeksi.

Artikel terkait: ciri ciri kucing himalaya

4. Lemas dan Mulai Tidak Aktif

Ciri ciri jamur pada kucing selanjutnya yaitu tampak pada perubahan perilakunya. Dimana pada saat berada di kondisi ini, hewan akan menunjukkan sikap lemas dan tidak bergairah. Jika biasanya sangat aktif berlari dan melakukan aktivitas, maka akan berubah menjadi semakin malas untuk berjalan bahkan makan atau bahkan buang air. Intensitas kegiatannya akan semakin berkurang seiring memburuknya kondisi tubuhnya.

Mengapa hal ini terjadi? karena adanya perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyebaran jamur pada tubuhnya. Analogikanya, jika Anda terkena scabies atau sejenisnya, tentunya mengerjakan apapun akan terasa tidak enak, karena berbagai hal yang ditimbulkannya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing muezza

5. Banyak Bulu yang Mulai Rontok

Mengapa bulunya bisa rontok? karena pada saat terinfeksi jamur kulit kucing akan menjadi kering dan kehilangan nutrisi yang melembabkannya. Sehingga pada saat itu, bulu-bulu yang menempel di bandannya akan mulai patah dan merontokkan dirinya.

Ciri ciri jamur pada kucing yang bisa Anda kenali yaitu intensitas dan kuantitas kerontokan pada bulunya yang tidak wajar atau tidak seperti biasa. Saat mengenali keadaan ini, segera pastikan untuk memeriksa bagian tubuhnya terutama di perut, leher dan bagian tersembunyi lainnya. Karena kemungkinan besar peliharaan Anda telah terinfeksi bakteri jamur. Mengenali gejala yang ditimbulkan lebih awal lebih baik.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad