Ciri Ciri Kucing Mau Mati

Kucing termasuk kedalam hewan peliharaan yang paling populer pada saat ini sehingga menjadikan hewan yang satu ini sebagai binatang favorit banyak orang di dunia. Namun, kebanyakan pemilik kucing akan merasa cemas akan perubahan sikap yang ditunjukkan oleh si kucing yang terkadang membuat pemelihara salah dalam mengartikan keanehan yang nampak dari si kucing. Hal ini tak jarang membuat nyawa hewan peliharaan yang dicintai akhirnya mati. Oleh karena itu, kita akan mengulas beberapa gejala dari ciri ciri kucing mau mati, supaya kita dapat memahami masalah yang ada pada kucing kesayangan dengan tepat.

Berikut Ciri Ciri Nyata Dari Kucing Mau Mati

1. Pola makan yang berubah

Pada umumnya kucing yang sedang sakit akan menolak minuman dan makanan yang telah disodorkan oleh si pemilik. Meskipun perubahan pola makan yang terjadi pada si kucing bukanlah suatu jaminan bahwa kucingmu akan mati segera, namun dianjurkan untuk memeriksakan si kucing ke dokter setelah ia tidak mau makan dalam satu hari lebih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

2. Memilih untuk menyendiri

Secara alamiah kucing mempunyai insting akan kapan ajalnya akan segera tiba. Kucing akan lebih memilih untuk meninggalkan pemiliknya sedari awal dengan maksud agar sang pemilik tidak bersedih dan merasa kehilangan akan kepergian dirinya. Kucing akan lebih suka menyendiri dan kurang ceria. Sangat ironis bukan ciri ciri kucing mau mati ini?

3. Menyusutnya berat badan

Berkurangnya berat badan kucing secara signifikan dapat dikategorikan sebagai ciri ciri kucing mau mati berikutnya. Penyusutan berat badan yang terjadi ini disebabkan oleh fungsi organ yang berkurang dan bekerja secara tidak maksimal dalam tubuh si kucing. Untuk mengecek berat badan si kucing bisa dilakukan dengan cara menimbangnya. Dengan ini kondisi berat badan kucing dapat dipantau secara berkala oleh pemilik.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit perut

4. Kejang-kejang

Kejang yang terjadi pada kucing diakibatkan oleh hal-hal yang belum diketahui oleh pemilik sebelumnya. Sebagai contoh apabila si kucing mengalami kejang secara mendadak yang beberapa waktu sebelumnya masih ditemui dalam keadaan sehat, dikhawatirkan hal itu terjadi akibat kucingmu keracunan oleh benda asing yang ia makan. Dianjurkan untuk segera membawanya ke dokter hewan terdekat supaya mendapat penanganan yang sesuai dari ahlinya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing albino

5. Bulu yang rontok

Pada gejala ini faktor usia akan menjadi salah satu penyebab utama kerontokan bulu si kucing, terlepas dari permasalahan penyakit yang ada di kulit si kucing. Alasan ini diperkuat karena kucing yang memasuki masa penuaan akan mengalami kesulitan untuk memproses nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehingga penyaluran nutrisi yang tidak merata menyebabkan kerontokan pada bulu si kucing.

6. Berkurangnya denyut Jantung

Normalnya denyut jantung yang dihasilkan oleh kucing sehat berada di angka 140 sampai 220 beats per minute (BPM). Apabila didapati si kucing yang memiliki denyut jantung kurang dari seharusnya maka hal tersebut harus diwaspadai sebagai ciri ciri kucing mau mati.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing American Shorthair

Setelah membaca dan memahami enam penjelasan yang ada di atas, pasti kalian mulai memahami apa saja ciri ciri kucing mau mati bukan? Sebarkan pengetahuan ini untuk orang-orang terdekatmu yang memelihara kucing supaya mereka mempunyai wawasan baru dan pencegahan hilangnya nyawa dari kucing kesayangan kalian akibat salah memahami tanda yang ditampakkan si kucing ketika sedang sekarat. Mari rawat kucing yang kalian punya dengan sepenuh hati supaya kita dapat menghargai nilai kehidupan yang ada dari makhluk hidup lainnya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu