Ciri Ciri Kucing Stres dan Cara Mengatasinya

Jika kamu mendapati kucingmu mengalami perubahan pada sikapnya, kemungkinan besar kucing peliharaanmu sedang mengalami stres. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti perubahan menu makanan, adanya hewan peliharaan lain, sehabis diajak pergi jauh, dan sebagainya. Tanda-tanda kucing mengalami stres biasanya tidak bisa diketahui begitu saja. Namun, ada beberapa ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya yang bisa kamu pelajari, berikut ulasannya.

Pahami Ciri Ciri Kucing Stres beserta Cara Mengatasinya

1. Mengalami Masalah Pencernaan

Ini merupakan situasi yang menjadi pertandabahwa kucing peliharaanmu sedang mengalami stres. Stres pada kucing bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan membuatnya mudah terserang penyakit, seperti sembelit, diare, atau masalah pencernaan lainnya.

Ada baiknya tidak membiarkan kondisi ini begitu saja. Agar kucing segera mendapatkan penanganan dan mengetahui penyebab serta solusi dari masalah tersebut, segera bawa dia ke dokter hewan.

Artikel terkait: Ciri ciri Kucing Mau Melahirkan

2. Air Kencing Berubah Warna

Berubahnya air kencing kucing peliharaanmu adalah salah satu ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Ini penting dilakukan karena biasanya terjadi peradangan di bagian kandung kemih kucing yang menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Jika tidak segera ditangani, masalah ini tidak hanya akan terus mengganggu kenyamanan kucing saat buang air, namun juga bisa mengancam nyawa si mamalia berbulu ini.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Mau Mati

3. Menunjukkan Sikap Aneh

Sikap aneh yang ditunjukkan kucing bisa menjadi ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya adalah dengan membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Sikap aneh yang dimaksud di sini adalah ketika kucing mengalami stres, biasanya kucing akan terlihat sering menjilat-jilat bagian paha dalam, perut, dan juga kaki depan.

Hal tersebut terjadi karena pada saat kucing menjilat-jilat bagian ketiga bagian tersebut, secara alami dia sedang melepaskan hormon endorfin yang bisa membantu kucing untuk menenangkan dirinya sendiri.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Hamil Setelah Kawin

4. Sering Mengeong

Mengong, mendesis, atau bahkan menggeram merupakan salah satu ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dokter berhak untuk mengesampingkan masalah kesehatan yang mendasarinya dan justru akan memberikan rekomendasi mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres pada kucing.

Mengajak kucing bermain secara teratur bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mengurangi tingkat stres pada kucing. Selain itu, pemberian pakan juga harus diperhatikan. Pilih pakan yang mengandung gizi tinggi karena pada dasarnya pola makan merupakan hal yang paling vital yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kucing.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit perut

5. Buang Air di Luar Litter Box

Jika umumnya kucingmu buang air kecil dan besar di dalam litter box namun akhir-akhir ini kamu mendapatinya buang air di manapun saat kucingmu berada, ini berarti kucingmu sedang mengalami tekanan. Kucing biasanya akan melakukan hal tersebut apabila kucing mengalami gangguan medis seperti infeksi kandung kemih, gangguan pencernaan, ataupun radang sendi.

Gangguan kesehatan tersebut bisa membuat kucing mengalami gangguan mental atau stres. Segeralah membawa kucing peliharaanmu ke dokter hewan terdekat apabila kucingmu mulai melakukan hal demikian.

Artikel menarik: Daerah Penghasil Emas

Sebenarnya, stres pada kucing bisa dihindari tanpa harus membawanya ke dokter hewan. Selain dengan rutin mengajak kucing bermain dan menjaga nutrisi yang dibutuhkan, ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Rutin memandikan kucing, menjaga suasana rumah agar selalu damai, dan tidak meneriaki kucing adalah cara termudah yang bisa mulai kamu lakukan untuk meredam kecemasan pada kucing. Itulah ulasan singkat mengenai ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu