Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Emas termasuk dalam golongan logam yang memiliki sifat mudah memuai dan dapat ditempa. Logam yang berwarna kekuningan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Emas biasa terkandung dalam endapan batuan dan tertimbun di dalam tanah. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan emas. Berikut ini daerah penghasil emas di Indonesia beserta penjelasannya.

Beberapa Daerah Penghasil Emas yang ada di Indonesia

1. Bengkulu

Menurut informasi dari padang ekspres, bengkulu merupakan salah satu kawasan yang dari dulu dikenal sebagai daerah penghasil emas. Provinsi ini telah diprediksi memiliki kekayaan emas yang melimpah. Daerah yang kaya akan kandungan emas yaitu di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara. Kandungan emas yang terdapat di daerah ini memiliki potensi yang sangat besar.

Kandungan emas dalam tanah yang paling besar di Provinsi Bengkulu yaitu berada di Kabupaten Seluma. Para peneliti pernah melakukan survey di daerah ini, dan menurut perkiraan, kabupaten Seluma memiliki potensi emas mencapai nilai 1 juta ounce. Akan tetapi, kandungan emas ini berada di dalam kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Sampai detik ini, menteri kehutanan belum memberikan suatu izin untuk penggunaan lahan sebagai upaya pemanfaatan poten emas. Selain di hutan lindung ini, emas juga terkandung di hutan produksi terbatas Bukit Ramang yang telah memiliki izin penambangan secara legal. Sebagai informasi, emas yang ada di atas Monume Nasional berasal dari Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Masa Kejayaan Kerajaan Demak

2. Cikotok

Daerah penghasil emas berikutnya yaitu Cikotok yang merupakan daerah yang ada di Provinsi Banten, tepatnya di kawasan Lebak. Daerah ini pernah menduduki pada peringkat dua sebagai tempat dengan kandungan emas terbesar yang ada di Indonesia.

Eksplorasi kandungan emas di wilayah ini telah berlangsung lama, yaitu sejak masa penjajahan Belanda. Mulanya, orang-orang Belanda yang hidup disini secara tidak sengaja menemukan suatu batuan endapan yang besar. Batuan tersebut memiliki kandungan emas dan mineral yang sangat tinggi. Sejak itulah, daerah Cikotok dijadikan sebagai pertambangan emas.

Baca juga: Ciri Ciri Bunga Teratai

3. Jawa Barat

Jawa Barat yang merupakan salah satu kawasan padat penduduk ternyata memiliki kekayaan alam berupa emas tang terkandung di dalam tanah. Daerah tersebut yaitu kawasan Gunung Pongkor yang telah dieksplorasi potensi emasnya sejak tahun 1989. Disini terdapat sebuah penambangan yang dikelola oleh BUMN dan juga Antam.

Pertambangan emas yang berlokasi di Gunung Pongkor ini memiliki wilayah dengan luas 6.042 hektar. Antam dan dibantu oleh BUMN membangun 7 terowongan yang digunakan untuk mempermudah saat menambang emas. Namun karena konsentrasi emas yang semakin menipis, hanya 3 terowangan saja yang digunakan.

Baca juga: Manfaat Bioglass Untuk Vitiligo

4. Mimika Papua

Daerah penghasil emas di Indonesia selanjutnya yaitu Mimika yang terletak di Papua. Disini terdapat tambang yang bernama Grasberg, dimana tambang ini merupakan tambang bahan emas terbesar yang ada di dunia. Tambang ini dikelola oleh perusahaan Freeport dan telah memiliki izin eksplorasi dan pemanfaatan potensi emas.

Banyak peneliti yang melakukan riset di daerah ini dan memprediksikan bahwa kandungan emas yang terkubur dalam tanah Kawasan Mimika sebesar 28.4 juta ounce. Tiap harinya, perusahaan ini memproduksi emas kurang lebih sebanyak 240 kg. Selain konsentrasi emas, disini juga ditemukan bahan tambang lainnya seperti perak dan tembaga.

Baca juga: Manfaat Pepaya Untuk Vitiligo

Itulah beberapa deskripsi mengenai daerah penghasil emas di Indonesia yang sangat terkenal bahkan sampai ke tingkat internasional. Eksplorasi mengenai potensi emas di tanah Indonesia masih berlanjut sampai kini. Hal ini dapat berdampak bagi lingkungan dan masyarakat, baik berupa dampak positif maupun negatif.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Alam atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu