Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Sebelum menjadi negara merdeka, sejarah Indonesia dimulai dari masa kerajaan yang berdiri di seluruh penjuru Nusantara. Mulai dari era kerajaan Hindu Budha hingga Islam. Kerajaan Tarumanegara adalah sebuah kerajaan Hindu terbesar di Indonesia. Mempelajari tentang kerajaan ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara sampai kemudian kerajaan ini hancur.

Awal Mula dan Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara di Nusantara

Tarumanegara pertama kali didirikan pada tahun 358 hingga tahun 382 Masehi oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini berdiri di tepi Sungai Citarum. Dilihat dari aspek etimologi, nama Tarumanegara bermakna tidak jauh dari posisi atau letak kerajaan ini pertama didirikan, yaitu di tepi sungai.

Terkait: Pendiri Kerajaan Tarumanegara

Nama Tarumanegara diambil dari dua kata, yaitu ‘Tarum’ dan ‘Nagara’. Tarum bermakna sungai, dimana sungai yang dimaksud ini adalah sungai yang membelah wilayah Jawa Barat. Sedangkan nagara bermakna negara atau kerajaan. Selain menjadi kerajaan Hindu terbesar, Tarumanegara juga merupakan kerajaan tertua kedua di Nusantara.

Mempelajari tentang sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara tidak bisa dilepaskan dari peran Jayasingawarman sebagai pendirinya. Ia adalah pemimpin rombongan pengungsi dari India yang terkena dampak peperangan. Jayasingawarman ini adalah seorang pendeta agama Hindu. Hingga kemudian ia tiba di tanah Jawa, Ia memohon ijin kepada raja Dewawarman III yang kala itu berkuasa di Jawa Barat untuk membuka pemukiman baru disini.

Terkait: Masa Kejayaan Kerajaan Demak

Hingga kemudian pemukiman ini terus berkembang dan menjadi sebuah kerajaan. Setelah menjadi sebuah kerajaan, raja pertama yang memimpin kerajaan ini adalah Jayasingawarman sendiri. Setelah meninggal dunia tahta kerajaan kemudian diwariskan kepada putranya yang bernama Dharmayawarman.

Dharmayawarman pun hanya bertahta sebentar, yakni dari tahun 382-395 Masehi. Setelah itu, tahta Kerajaan Tarumanegara dilanjutkan oleh Raja Purnawarman. Pada masa kepemimpinan Raja Purnawarman inilah Kerajaan Tarumanegara mengalami puncak kejayaan.

Terkait: Ciri Ciri Bunga Teratai

Pada saat dipimpin oleh Maharaja Purnawarman ini, Tarumanegara membangun ibukota kerajaan baru. Kali ini ibukota kerajaan ini dibangun di daerah yang dekat dengan pantai, yang diberi nama Sundapura. Selain membangun ibukota kerajaan baru, Tarumanegara juga menaklukkan beberapa kerajaan kecil dan memperluas wilayahnya.

Sayangnya, meskipun sempat mengalami puncak kejayaan, Kerajaan ini tidak bisa bertahan lama. Keberadaan kerajaan ini hanya sampai generasi ketiga sebelum kemudian hancur. Kemunduran Tarumanegara dimulai saat masa pemerintahan Raja Sudhawarman. Karena kebijakan yang dibuat, Tarumanegara kemudian terpecah menjadi dua bagian kerajaan.

Terkait: Manfaat Bioglass Untuk Vitiligo

Dari penjelasan tentang sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara tersebut, kerajaan yang berdiri di Jawa Barat ini merupakan kerajaan Hindu terbesar sekaligus tertua kedua di Indonesia. Meski hanya berlangsung sebentar, namun ternyata kerajaan ini pernah mencapai masa kejayaan yang besar. Hal tersebut dibuktikan sebagaimana yang tertulis dalam peninggalan-peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Sejarah atau artikel menarik lain di lyceum

Apa pendapatmu