Ciri Ciri Kucing Betina dan Jantan Birahi

Kucing yang sistem reproduksinya sudah matang akan memiliki keinginan untuk kawin. Pada umumnya, kucing betina akan siap untuk dikawini jika sudah mencapai usia sekitar 6-8 bulan. Sedangkan pada kucing jantan, usia kematangan reproduksi cukup bervariasi, yaitu sekitar usia 7-12 bulan. Lalu, bagaimana ciri ciri kucing betina birahi beserta kucing jantan? Berikut penjelasannya.

Bagaimana Ciri Ciri Kucing Betina dan Jantan Birahi?

Baik kucing betina maupun kucing jantan memiliki ciri cirinya sendiri yang menunjukkan bahwa mereka sedang birahi. Ciri ciri kucing birahi ini dapat berlangsung selama beberapa hari dan seringkali akan berakhir ketika si kucing berhasil menyalurkan hasrat birahi mereka. Sebaliknya, siklus birahi dapat memanjang jika kebutuhan mereka dalam menyalurkan birahi masih belum tersalurkan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing gagal kawin

Ciri ciri kucing betina yang birahi

Berikut adalah ciri ciri kucing betina yang sedang birahi:

  • Bersuara khas

Suara yang khas juga merupakan ciri ciri kucing betina dan jantan birahi. Tidak hanya sekadar mengeong, suara kucing betina yang sedang birahi akan terdengar berbeda. Suara ini terdengar khas, seakan-akan mengundang pejantan untuk mendekatinya.

  • Kucing terlihat gelisah

Kucing pun bisa terlihat gelisah saat ia mengalami birahi. Jika kucing tinggal di dalam kandang, maka kucing betina yang sedang birahi akan menunjukkan keinginan untuk dikeluarkan dari kandang. Tujuannya, tentu agar ia bebas mencari pejantan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing anggora

  • Suka mengangkat bagian ekornya

Jika kamu senang mengelus-elus kucing, maka ciri yang satu ini akan terlihat sebagai ciri kucing birahi yang cukup lucu. Hal ini disebabkan karena kucing yang birahi, ketika dielus, ia akan secara refleks merendahkan bagian kepalanya dan meninggikan bagian ekornya. Jika kamu teliti lebih jauh lagi, pada umumnya bagian anus dan kemaluan kucing betinamu akan sedikit terbuka juga.

  • Suka menggesekkan tubuh di dinding, kursi, dsb.

Seakan-akan memanja, kucing betina yang sedang birahi akan lebih sering menggesekkan tubuhnya di berbagai macam permukaan; misalnya saja di dinding, sofa, lemari dsb. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian kucing jantan serta sedikit menyalurkan nafsu birahinya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing stress

Ciri ciri kucing jantan yang birahi

  • Lebih sering mengeong

Tujuannya adalah untuk mengundang betina yang sedang birahi untuk mendekat. Akan tetapi, seringkali tidak hanya betina saja yang ‘tertarik’, kucing jantan lain pun bisa datang ketika mendengar suara mengeong yang cenderung terdengar seperti raungan ini.

  • Spraying

Dalam bahasa yang lebih umum, spraying ini disebut juga sebagai ‘pipis sembarangan’. Kucing jantan yang sedang birahi melakukan hal ini dengan tujuan untuk menandai daerah kekuasaannya. Dengan hal ini pula, kucing jantan menggiring betina untuk mendekatinya agar mereka dapat kawin.

Artikel terkait: ciri ciri kucing mau melahirkan

  • Gelisah dan sering keluar rumah

Kucing jantanmu jadi gelisah saat berada dalam rumah dan jadi lebih sering keluar? Kemungkinan kucing sedang dalam masa birahi. Bahkan kucing jantan bisa tidak pulang selama beberapa hari hingga ia berhasil kawin dengan kucing betina. Tak jarang pula, ia akan berkelahi dengan kucing lain untuk memperebutkan kucing betina.

  • Lebih agresif

Peningkatan agresivitas ini juga merupakan ciri ciri kucing betina dan jantan birahi. Kucing jantanmu jadi lebih agresif, mudah gelisah, serta tidak menutup kemungkinan jadi lebih sering menyerangmu dengan cakarnya ketika ia sedang birahi. Namun, perlu diingat bahwa sikap agresif ini tidak hanya terjadi saat kucing sedang berada dalam masa birahi saja.

Artikel terkait: ciri ciri kucing mau meninggal

Itulah ciri ciri kucing betina dan jantan birahi yang patut kamu ketahui. Apakah ciri ciri tersebut dapat kamu temukan pada kucing peliharaanmu? Jika ya, kamu bisa mengeluarkan kucing dari rumah dan membiarkannya mencari pasangan kawinnya sendiri. Kamu pun bisa mencarikan pasangan kawin untuk kucing kesayanganmu.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu