Ciri Ciri Kucing Mati Keracunan Racun Tikus

Apakah kamu pernah menemui kucing yang tiba-tiba saja mati? Atau, hal ini terjadi tiba-tiba saja pada kucing peliharaanmu? Jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan kucing tersebut mengalami keracunan. Mengetahui ciri ciri kucing mati keracunan dapat membantu kamu untuk menghindari hal-hal yang serupa terjadi pada kucing selanjutnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mempelajarinya diulasan berikut.

Ciri Ciri Kucing Mati akibat Keracunan Racun Tikus

Jika kucing kamu keracunan, maka besar kemungkinan ciri ciri keracunan yang timbul berasal dari sistem pencernaannya, misalnya saja muntah dan diare. Namun, ternyata cukup banyak ciri ciri kucing mati keracunan lain yang berasal dari organ tubuh lainnya. Di bawah ini merupakan beberapa ciri yang biasa dialami kucing yang mati akibat keracunan.

1. Muntah dan diare

Keluar muntahan di mulut disebabkan karena tubuh kucing menolak zat beracun yang masuk ke dalam tubuhnya, demikian pula diare. Hanya saja, diare lebih jarang terjadi dibandingkan muntah. Kucing yang keracunan dapat memuntahkan cairan kuning, cairan putih, atau bahkan memuntahkan darah. Jika hal ini terjadi, maka racun yang masuk ke dalam tubuh kucing sudah melukai organ dalamnya.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing mau kawin

2. Mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak

Ketika kucing mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah kucing tersebut menderita penyakit mulut, gigi, atau gusi; dan yang kedua adalah kucing tersebut mengalami keracunan. Kucing yang keracunan akan mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak. Hal ini karena adanya respon dari tubuh kucing terhadap racun yang masuk ke tubuhnya.

3. Kucing nampak kemerahan

Kucing yang keracunan akan nampak lebih kemerahan karena racun yang masuk ke dalam tubuhnya akan menyebabkan reaksi alergi. Zat beracun inilah yang membuat organ tubuh kucing rusak dan tidak bisa bekerja optimal. Sebagai dampaknya, kulit bagian kucing yang terlihat akan nampak berwarna kemerahan. Warna merah bisa dilihat di bagian kulit seperti mulut, telinga, bagian bawah kucing, dan mata.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing jantan birahi

4. Gusi dan lidah nampak kebiruan

Pada kucing yang mati karena keracunan, ciri ciri kucing mati keracunan yang terlihat adalah perubahan warna pada gusi dan lidahnya. Lidah dan gusi kucing yang keracunan disebabkan karena racun dapat menghambat oksigen yang masuk ke dalam tubuh kucing. Kondisi lidah dan gusi menjadi bagian penting untuk mengetahui apakah kucing mati karena diracun atau bukan. Jadi, biasanya kucing ketika mau mati akan sering mencakar-cakar lidahnya akibat adanya racun di mulutnya.

5. Mengalami susa napas sebelum mati

Kucing yang sulit bernafas dan tak lama kemudian mati maka bisa jadi ciri terkena racun. Racun yang masuk ke dalam tubuh kucing bersifat menghambat penyerapan oksigen dalam tubuh kucing, maka dapat dipastikan kucing akan mengalami gejala susah bernapas.

Artikel terkait: Ciri ciri kucing gagal kawin

6. Ada pembengkakan

Adanya pembengkakan pada tubuh kucing juga bisa jadi ciri ciri kucing mati akibat keracunan. Pembengkan bisa terjadi akibat adanya racun di dalam tubuh. Biasanya bagian yang bengkak terjadi di bagian wajah serta perut bagian atas.

7. Kejang-kejang

Ciri ciri kucing mati keracunan selanjutnya adalah kejang. Kejang dapat disebabkan oleh zat racun yang menyerang sistem saraf kucing. Pada saat kejang, tubuh kucing akan menjadi sangat kaku, dan biasanya diikuti oleh kesulitan bernapas. Kucing pun biasanya meraung karena tubuhnya terasa sakit.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Apa pendapatmu