Ciri Ciri Kucing Bengal

Kucing bengal adalah turunan ketiga persilangan antara American shorthair cat dan Asian Leopart cat. Kebanyakan orang menganggap kucing bengal sama dengan kucing hutan. Padahal, kucing jenis ini memiliki perbedaan dengan kucing hutan maupun kucing lainnya. Kucing ini memiliki ciri ciri tersendiri yang merupakan ciri khas dan keunikannya. Sebagai pecinta kucing kamu wajib tahu ciri ciri kucing bengal yang asli.

Ciri Ciri Kucing Bengal Secara Fisik Maupun Karakter

1. Kepala Kucing Bengal

Ciri ciri kucing bengal yang pertama adalah bentuk kepala yang cenderung monyong, besar, panjang, dan memiliki corak garis yang jelas dibandingkan kucing lainnya. Wajahnya memiliki corak berbentuk seperti huruf M. Kucing jenis ini kebanyakan memiliki mata berwarna kuning kecoklatan atau hijau. Ia juga memiliki bentuk telinga yang lancip ke atas.

2. Pola dan Warna

Kucing bengal memiliki ciri ciri pola seperti macan tutul yang bervariatif. Biasanya coraknya memiliki spot marble, classic, atau rossete. Warna dasar kucing ini pada umumnya adalah coklat dengan totol-totol hitam atau coklat tua.

Artikel terkait: ciri ciri kucing hutan

3. Postur Tubuh

Ciri ciri kucing bengal yang ketiga adalah memiliki postur tubuh yang gagah jika dibandingkan dengan kucing jenis lain. Kucing jenis ini memiliki ukuran tubuh yang panjang dan besar. Beratnya antara 4 sampai dengan 10 kilogram. Cukup besar bukan? Biasanya kucing bengal jantanlah yang bisa mencapai berat 10 kilogram. Sedangkan kucing betina hanya kisaran 4 sampai dengan 5 kilogram.

4. Karakter

Kucing bengal merupakan kucing yang bisa diajak berteman dan tidak galak. Kucing jenis ini menyukai interaksi manja dengan tuannya seperti dielus-elus dan digendong. Bengal juga merupakan spesies kucing yang memiliki kecerdasan hampir setara dengan anjing. Bahkan kucing ini bisa diajari berbagai trik seperti memakai toilet, trik menggunakan alat makan hewan, dan lain-lain. Anda juga dapat mengajaknya untuk menemani jalan-jalan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing kedinginan

5. Daya Tahan Tubuh

Ciri ciri kucing bengal yang selanjutnya yaitu memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi. Kucing bengal jarang sekali sakit. Hal ini dipengaruhi oleh karakter kucing bengal yang cukup friendly dan suka diajak bermain sehingga kucing jenis ini jarang sekali terserang stress. Selain itu, kucing ini juga tahan terhadap temperatur yang berubah-ubah.

6. Perilaku Terhadap Air

Bengal merupakan kucing yang tidak takut air. Hal ini karena kucing bengal memiliki garis keturunan kucing liar. Kucing ini tidak takut basah dan cuek terhadap tempat berair. Bahkan, bengal sangatlah mudah untuk dimandikan dan suka diajak berendam di bath up. Kucing ini juga bisa mengeringkan tubuhnya secara mandiri tanpa di-hair dryer oleh tuannya, mengingat bulunya memang tidak begitu panjang. Namun, pengeringan sangatlah dianjurkan agar bulunya tidak menggumpal.

Artikel terkait: ciri ciri jamur pada kucing

7. Makanan

Untuk makanan, kucing ini cukup mudah untuk dituruti layaknya kebanyakan kucing lainnya. Ia mau memakan rebusan kepala ayam, kaki ayam, dan ikan. Selain itu, kucing jenis ini juga bisa dilatih untuk memakan catfood.

8. Kebutuhan Tempat

Dalam memelihara kucing bengal, kita memerlukan tempat yang cukup luas. Jenis kucing ini memiliki kebutuhan tempat yang memungkinkan ia bergerak dengan bebas karena kucing ini sangat aktif dan lincah.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sariawan

9. Membiakan

Ciri ciri kucing bengal yang terakhir adalah mudah dikembangbiakkan. Bengal merupakan jenis kucing yang mudah dikembangbiakkan karena ia jinak. Kucing asal Amerika ini bisa dikawinkan saat ia sudah mencapai usia antara enam bulan sampai satu tahun. Biasanya anakan bengal sudah dapat dipisah dari induknya saat memasuki usia 4 bulan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad

Close