Close

Ciri Ciri Kucing Dehidrasi

Kucing memiliki kemiripan dengan beberapa hewan mamalia lainnya. Dimana dehidrasi yang terjadi pada hewan lain juga sebagian cirinya dialami oleh kucing. Dehidrasi pada kucing dapat menyebabkan kompilasi dan menjadikan keadaan kucing lebih parah jika tidak segera ll0pmengenal ciri ciri kucing dehidrasi dan segera ditangani.

Beberapa Ciri Ciri Kucing yang Mengalami Dehidrasi

1. Mata kucing Lesu

Mata kucing yang mengalami dehidrasi akan tampak lesu, murung dan kusam. Mata yang terlihat sayu dan nampak kering bisa menjadi indikasi terjadinya dehidrasi pada kucing. Selain itu, mata kucing juga akan terlihat lebih kering.

2. Gusi Kucing Kering

Gusi kucing akan terlihat lengket dan kering. Saat mengecek mulut kucing, cobalah untuk menyentuh gusi kucing, jika terasa kering maka kucing kesayanganmu kemungkinan besar mengalami dehidrasi.

Selain itu, dehidrasi pada kucing juga terlihat dari warna pada gusi kucing. Jika terlihat memutih, maka kucingmu mengalami dehidrasi. Dimana ciri umum gusi pada kucing adalah merah muda.

Artikel terkait: ciri ciri kucing ragdoll

3. Jarang Buang Kotoran

Jika kucing yang kamu miliki jarang buang air kecil dan bahkan sembelit, maka hal ini menjadi salah satu ciri kucing mengalami dehidrasi. Kamu harus memastikan seberapa kali kucing buang kotoran. Hal ini akan membantu kamu menentukan kepastian dari penyakit kucingmu. Karena ciri ciri pada point ini mungkin sangat umum terjadi.

4. Kucing Tidak Aktif

Kucing akan terlihat malas dari biasanya, terlihat mengantuk, dan urung-uringan. Bahkan kucing yang mengalami dehidrasi ini akan terlihat selalu seperti mengantuk. Kucing akan terlihat tidur-tiduran saja dan tidak ingin bermain. Ia cenderung tidak seaktif biasanya.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit flu

5. Susah Bernafas dan Detak Jantung Meningkat

Ciri ciri kucing dehidrasi lainya yaitu kucing akan nampak terengah-engah dan nafas kembang kempis seperti kelelahan. Kucing umumnya akan lebih sering menganga atau membuka mulut. Hal ini terjadi karena kucing susah bernafas dan pernapasannya bisa jadi tidak teratur. Selain pernapasan, denyut jantung kucing yang mengalami dehidrasi parah akan terjadi peningkatan.

6. Kucing Tidak Napsu Makan

Kucing yang mengalami dehidrasi tidak akan menerima makanan sedikit pun yang kamu berikan. Napsu makannya berkurang dari biasanya. Bahkan kucing akan menolak pemberian makanan dari kamu.

Selain itu, ciri ciri kucing dehidrasi yang lain adalah kucing tidak ingin minum. Atau dalam beberapa kondisi ada beberapa kucing yang merespon dehidrasi dengan minum air yang sangat banyak.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing Terkena Toksoplasma

7. Kulit Kucing Tidak Elastis

Kulit kucing yang mengalami dehidrasi akan terlihat kurangnya elastisitas pada kulit. kamu bisa memilih bagian punggung kucing untuk mengecek. Jika saat kamu cubit pelan elatisitasnya berkurang maka terjadi dehidrasi yang parah. Jika kulit kucing yang di cubit kembali lagi kebentuk semula maka kucingmu sehat.

Jika kulit kucing kembali sangat lama maka kucingmu mengalami dehidrasi yang parah. Namun ada beberapa anak kucing yang memiliki elastisitas yang kurang dari pada kucing dewasa.
Jadi, kamu harus lebih teliti dalam mengecek ciri ciri kucing dehidrasi berdasarkan dari elastisitas kulit ini. Karena mungkin ciri ciri dehidrasi pada kucing dengan mengandalkan satu point ini saja tidak akan efektif.

Artikel terkait: Ciri Ciri Kucing British Shorthair

8. Telapak Kaki Kucing Dingin

Ciri ciri kucing dehidrasi selanjutnya yaitu pada telapak kaki kucing akan terasa dingin. Kamu bisa mengecek dan merasakan telapak kaki pada kucing, jika terasa sangat dingin maka kucingmu mengalami dehidrasi yang parah.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad