Close

Ciri Ciri Kucing Tidak Cocok Makanan

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menyenangkan. Dalam memelihara kucing, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanannya. Makanan yang tidak cocok akan menyebabkannya masalah kesehatan. Jika kamu menemukan ciri ciri berikut ini pada kucing peliharaan, segera periksa makanan kucingmu. Apa saja ciri ciri kucing tidak cocok makanan? Berikut ulasannya.

Ciri Ciri Kucing Tidak Cocok Makanan yang Harus Diwaspadai

1. Mengalami Muntah-muntah

Salah satu gejala dari ketidakcocokan makanan bagi kucing adalah mendadak muntah-muntah setelah makan. Hal ini merupakan respon tubuh kucing terhadap kandungan bahan makanan yang tidak cocok bagi tubuhnya.

2. Mengalami Gatal

Salah satu ciri ciri kucing tidak cocok makanan adalah kucing mengalami gatal-gatal. Ada beberapa bagian yang mengalami gatal-gatal, yaitu, telinga, leher, kaki, dan kepala. Gatal akan menyebabkan kulit kucing mengalami iritasi, kering dan kusam. Iritasi kulit dapat menyebabkan pembengkakan, luka, dan kebotakan.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit tenggorokan

3. Sering Menggaruk dan Mengalami Kerontokan Bulu

Akibat gatal yang berkepanjangan, kucing akan sering menggaruk tubuhnya. Menggaruk berlebihan akan menyebabkan bulu-bulu pada kucing rontok. Jika tidak diatasi secepatnya, maka akan menyebabkan kucing menjadi botak.

4. Adanya Gangguan Pencernaan

Ciri ciri kucing tidak cocok makanan yang selanjutnya adalah adanya gangguan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan dapat berupa diare, perut kembung, dan sendawa. Umumnya penyebab gangguan pencernaan pada kucing disebabkan oleh makanan yang mengandung protein dari telur, susu sapi, daging sapi, dan ayam.

Selain itu, gangguan pencernaan dapat juga ditandai dengan kucing susah buang air besar. Hal ini dikarenakan makanan tersebut tidak dapat dicerna oleh kucing, sehingga terjadi kesulitan buang air besar dan menyebabkan luka pada bagian anus kucing.

Artikel terkait: ciri ciri kucing dehidrasi

5. Muncul Hot Spot pada Kulit

Berdasarkan istilah dalam kedokteran hewan, hot spot merupakan penyakit peradangan pada kulit atau dermatitis lembab yang akut. Kulit kucing akan bernanah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Biasanya hot spot terjadi jika kucing melakukan penggarukan berlebihan pada tubuhnya.

6. Adanya Pembengkakan

ciri ciri kucing tidak cocok makanan adalah adanya pembengkakan baik pada lidah, bibir, tenggorokan, kerongkongan, dan bagian tubuh kucing lainnya. Biasanya reaksi pembengkakan terjadi 2 jam setelah makan. Pembengkakan yang terjadi pada selaput lendir akan mengakibatkan kucing bersin-bersin dan susah bernapas.

Artikel terkait: ciri ciri kucing ragdoll

7. Memiliki Detak Jantung Tidak Beraturan

Detak jantung pada kucing tidak beraturan dikarenakan makanan yang tidak cocok. Hal ini disebabkan adanya kandungan dari makanan yang tidak cocok, namun termakan dan terserap ke darah. Detak jantung pada kucing akan menyebabkan rasa nyeri dan menyebabkan kucing terus mengeong yang diiringi kegelisahan.

8. Mengalami Infeksi Telinga

Salah satu ciri ciri kucing tidak cocok terhadap makanan adalah infeksi telinga. Jika terjadi infeksi, telinga mengalami luka berwarna kemerahan yang disertai pembengkakan dan adanya cairan berwarna kuning,

9. Mata Berair

Mata berair adalah salah satu ciri ciri kucing tidak cocok makanan. Mata berair diakibatkan respon kekebalan tubuh kucing terhadap kandungan makanan yang tidak cocok bagi tubuhnya. Mata berair akan terasa gatal sehingga menimbulkan demam diiringi hidung tersumbat.

Artikel terkait: ciri ciri kucing sakit flu

10. Perubahan Perilaku pada Kucing

Ciri ciri kucing tidak cocok makanan adalah adanya perubahan perilaku pada kucing. Perubahan perilaku terjadi karena adanya respon dari tubuh kucing terhadap makanan yang tidak cocok tersebut. Respon tubuh akan menyebabkan sensasi gatal dan akhirnya menyakitkan. Oleh sebab itu, kucing menjadi gelisah, terus mengeong karena sakit, dan tidak aktif bergerak seperti biasanya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Kucing atau konten lain yang ditulis oleh Rosad